5 CARA YANG PALING BERPENGARUH BAGI STRATEGI PEMASARAN ANDA

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Strategi pemasaran adalah serangkaian teknik dan tindakan yang diambil dalam bisnis, yang membuat Anda fokus untuk mencapai tujuan bisnis. Strategi ini akan membantu mengidentifikasi apa yang harus Anda lakukan, bagaimana, dan pada siapa Anda melakukannya, agar Anda bisa meningkatkan penjualan. Untuk itu, Anda harus mengembangkannya sebelum memulai bisnis. Anda juga harus menyesuaikannya dengan kondisi, permintaan pasar, serta faktor lain dari kinerja bisnis Anda sepanjang waktu.

 

Nah, berikut ini adalah tips yang akan memengaruhi strategi pemasaran Anda. Mari kita lihat bersama!

 

1.       keunikan produk atau jasa yang Anda tawarkan

Kenapa harus memakai produk/jasa Anda dan bukan yang lain? Apa yang membedakan produk/jasa Anda dari pesaing? Intinya, produk/jasa Anda harus memberikan manfaat khusus yang menarik bagi pelanggan potensial Anda.

 

2.       Definisikan Target Market Anda

Target market adalah sekelompok individu yang secara kolektif merupakan penerima pesan iklan yang Anda tuju. Kesuksesan Anda tergantung pada sejauh mana Anda memahami target market Anda, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana Anda bisa membujuk mereka untuk memakai jasa Anda.

Riset pasar akan membantu memberikan gambaran lebih detail serta menentukan segmen target market Anda. Selain itu, Anda juga harus memahami bagaimana pasar bekerja. Strategi Anda harus bisa mengungkap bagaimana Anda mengukur tingkat persaingan dan tren pasar yang baru.

 

3.       Tuliskan Manfaat Produk dan Jasa Anda

Pengetahuan produk menjadi penting karena dengan memahami ciri khas produk atau jasa, itu akan memudahkan Anda menyampaikan manfaatnya secara akurat dan persuasif. Anda bisa menggunakan sumber informasi yang kreatif untuk mengenal produk Anda, baik dari pengalaman Anda sendiri, forum online, umpan balik pelanggan, anggota tim, serta informasi pesaing.

Lalu ubah fitur produk/jasa Anda menjadi manfaat yang bisa diterima pelanggan. Misalnya tujuan jasa Anda adalah memenuhi kebutuhan dan menghemat waktu serta uang pelanggan.

 

4.       Deskripsikan Bagaimana Memosisikan Produk dan Jasa Anda

Setelah mengetahui segmen target, Anda bisa memprioritaskan permintaan mereka serta melakukan cross-check dengan produk Anda. Apa yang paling mereka inginkan? Apa yang tak terlalu dipedulikan? Lalu prioritaskan permintaan pelanggan sehingga Anda dapat menentukan apa yang paling penting. Kemudian bandingkan produk/jasa Anda dengan pesaing.

Bagaimana kesimpulannya? Jika produk Anda memiliki manfaat yang signifikan, tekankan hal ini. Namun jika tidak selaras dengan permintaan target pasar, pikirkan untuk menyesuaikan, mengubah produk, atau memperbaiki target Anda. Setelah itu, Anda bisa membuat pernyataan singkat posisi produk Anda yang menggambarkan kenapa produk/jasa Anda merupakan solusi terbaik bagi permintaan target segmen.

 

5.       Definisikan Metode serta Rencana Pemasaran Anda

Metode pemasaran menjelaskan bagaimana Anda menjalankan strategi pemasaran dengan mengatur bujet dan tenggat waktu pemasaran. Bagaimana komunikasi Anda dengan pelanggan, apakah melalui iklan, networking, atau pemasaran langsung.

Termasuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Karena selain menghemat biaya, cara ini juga bisa meningkatkan penjualan Anda. Sedangkan untuk rencana pemasaran, Anda harus bisa melihat ke depan, menguraikan bagaimana Anda menindaklanjuti penjualan, serta perkembangan apa yang Anda tawarkan. Anda juga harus selalu mengukur, menilai kemajuan, serta melihat sejauh mana keberhasilan rencana pemasaran ini, sehingga Anda bisa menetapkan target yang baru begitu pasar berubah.