6 Manfaat Menggunakan Layanan Payroll Dalam Gaji Karyawan

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Pengelolaan administrasi keuangan merupakan hal yang amat krusial dalam perusahaan di bidang apapun. Namun demikian, hal tersebut tentu hanyalah satu dari segudang persoalan perusahaan yang wajib dikelola secara baik dan benar. Masih banyak hal lain yang tak boleh luput dari perhatian perusahaan seperti pengembangan produk maupun proses rekrutmen karyawan.

 

Keberadaan software payroll merupakan salah satu solusi jitu untuk menyederhanakan pengelolaan administrasi keuangan perusahaan Anda. Namun, apakah Anda sudah betul-betul memahami manfaat penggunaan software payroll bagi perusahaan? Berikut manfaat software payroll yang wajib Anda simak.

 

1)      Hemat Waktu

Karena hampir semua pekerjaan yang berkaitan dengan gaji sudah diselesaikan oleh layanan payroll ini, Anda akan menghemat waktu. Pengelolaan gaji memang membutuhkan ketelitian yang tinggi sehingga wajar jika menyita waktu Anda. Namun jika dibantu dengan layanan payroll ini, Anda akan selesai mengirim gaji dengan waktu yang relatif lebih singkat. Apalagi jika Anda sudah tertib mengelola data karyawan.

 

2)      Meningkatkan Transparansi Pembayaran

Layanan payroll memungkinkan Anda mendapatkan bukti transfer kepada karyawan secara online. Bukti transfer secara online dinilai lebih mudah disimpan daripada secara konvensional menggunakan kertas. Bukti ini biasa disebut slip gaji. Slip gaji berfungsi untuk menunjukkan transparansi tim HR kepada karyawan. Slip gaji berisi komponen atau bagian yang ada dalam total gaji setiap bulan. Rincian seperti ini harus ditunjukkan kepada karyawan agar mereka tau gaji mereka dipotong untuk hal apa atau ditambah dengan tunjangan dengan alasan apa. Beberapa potongan diberlakukan untuk membayar premi BPJS atau pajak penghasilan. Kemudian tunjangan apa saja yang diberikan perusahaan. Dengan begitu, karyawan akan mengetahui komponen gaji mereka sehingga manajemen gaji juga lebih baik.

 

3)      Efisiensi Biaya Perusahaan Dalam Menyimpan Data

Dengan menggunakan layanan payroll, tugas-tugas administrasi akan selesai dengan beberapa klik saja. Banyak data dan laporan yang sudah terolah secara otomatis. Sehingga perusahaan tidak perlu menggaji karyawan tambahan untuk mengelola data-data karyawan pada divisi HR. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan data karena data akan masuk dalam sistem cloud hr tanpa harus membutuhkan banyak memori dalam PC atau laptop. Data karyawan tersebut juga akan tersimpan dalam server dengan aman. Anda dapat meminimalisir kemungkinan kerusakan data akibat human error.

 

4)      Pembayaran Gaji Lebih Lancar & Tepat Waktu

Layanan payroll yang diintegrasikan dengan bank akan mempermudah Anda dalam membayarkan gaji kepada semua karyawan dengan sekali klik saja. Hanya dengan mengintegrasikan data rekening karyawan dalam sistem payroll tersebut, Anda dapat mengirimkan gaji kepada puluhan bahkan ratusan karyawan dalam waktu kurang dari sehari. Fitur ini akan sangat dibutuhkan jika perusahaan sudah besar dan memiliki jumlah karyawan dalam skala besar.

 

Layanan payroll juga memungkinkan Anda tetap bisa memberikan gaji bagi karyawan yang tidak mempunyai rekening. Apabila diintegrasikan dengan bank tertentu yang ditunjuk perusahaan, bank tersebut dapat memberikan kartu gaji yang fungsinya memang hanya untuk menerima dan mengambil gaji. Dengan begitu, karyawan tersebut tidak harus memiliki rekening.

 

5)      Pengelolaan Kasbon Karyawan Lebih Mudah

Bagi perusahaan yang menerapkan adanya pinjaman karyawan, layanan payroll akan mendukung berjalannya program tersebut. Perusahaan dapat meminta bank yang sudah ada kerjasama melakukan auto debit untuk pinjaman karyawan tersebut. Hal ini memungkinkan perusahaan memberlakukan potongan untuk melunasi pinjaman yang telah dilakukan oleh karyawan tertentu. Sehingga tidak ada alasan bagi karyawan yang tidak bisa membayar pinjaman atau utang.

 

6)      Mengelola Pajak Penghasilan

Beberapa layanan payroll bahkan memiliki fitur untuk membuat formulir pajak. Baik itu formulir pajak perusahaan maupun formulir pajak penghasilan karyawan. Formulir pajak sendiri memiliki jenis yang sangat beragam. Beberapa Wajib Pajak (individu atau badan hukum yang wajib membayar pajak) bahkan harus datang langsung ke Kantor Pajak dan mengantri untuk meminta formulir tersebut. Dengan begitu, proses pengisian formulir tersebut dapat dikerjakan sesegera mungkin setelah mendapat formulirnya.

Leukeun service merupakan salah satu software Payroll berbasis cloud yang memudahkan anda dalam menjalankan segala aktivitas yang berubungan dengan payrolll perusahaan. Jadi, jika Anda adalah seorang pemilik perusahaan, tunggu apalagi untuk segera menggunakan aplikasi payroll. Tinggalkan cara-cara lama dalam proses penghitungan gaji karyawan, dan secepat mungkin beralih ke cara-cara kekinian.