Alasan Mengapa UMKM Perlu Menggunakan Software Payroll Atau Aplikasi Penggajian

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Dengan kompleksnya pengaturan dalam sistem penggajian, pelaku UMKM mungkin menemui kesulitan dalam manajemen SDM atau menciptakan sistem penggajian yang efektif. Hal ini tentu dapat merugikan pelaku UMKM dalam hal waktu dan biaya. Penggunaan software payroll berperan penting untuk membuat proses penggajian lebih lancar dengan harga yang terjangkau dan lebih hemat waktu. Sehingga tidak hanya meningkatkan produktivitas para pelaku UMKM, namun juga meningkatkan kinerja bisnis.

 

Ada banyak alasan mengapa software payroll dapat membantu UMKM mencapai hasil yang sangat baik di seluruh departemen bisnis mereka. Beberapa di antaranya antara lain:

1.       Lebih Akurat: Software payroll dapat menghitung perhitungan komponen penggajian secara otomatis berdasarkan entri data. Sehingga menghilangkan risiko human error dalam sistem penggajian.

2.       Keamanan Data: Penyedia layanan software payroll akan mengenkripsi data penggajian, sehingga tidak ada yang dapat mengakses data pribadi karyawan. Dengan demikian data penting perusahaan akan terhindar dari ancaman kebocoran data.

3.       Selalu Up to Date: Software payroll dapat terus memperbarui sistemnya agar selalu mengikuti perubahan peraturan pemerintah.

4.       Pembuatan Laporan: Anda dapat mengunduh laporan dengan mudah, seperti laporan penggajian, laporan absensi, laporan data karyawan dan lainnya. Bahkan terdapat fitur Custom Report yang dapat digunakan untuk membuat laporan yang menyesuaikan dengan kebutuhan.

5.       Integrasi Mudah: Jika menggunakan sistem yang berbeda dalam pengelolaan data seperti cuti dan kehadiran, pelaku UMKM akan menemui kesulitan saat memproses penggajian dan proses perhitungan pajak. Jika menggunakan software payroll, sistem tersebut dapat terintegrasi secara terpusat.

6.       Skalabilitas: Saat UMKM Anda berkembang, software payroll memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sistem dengan perkembangan bisnis.

7.       Kepuasan Karyawan: Dengan mengotomatisasi proses penggajian, efisiensi operasional penggajian dapat ditingkatkan dan mengurangi kesalahan. Hal ini membuat pekerjaan lebih mudah bagi karyawan, sehingga meningkatkan kepuasan mereka.

8.       Kustomisasi: Seiring dengan pertumbuhan bisnis, software payroll dapat ditingkatkan untuk menangani volume yang lebih tinggi dan kompleksitas struktur penggajian yang paling update. Implementasinya pun lebih mudah karena software payroll berbasis cloud yang menawarkan penyimpanan tak terbatas.

9.       Efektivitas Karyawan: Laporan penggajian yang komprehensif dari software payroll dapat menjadi acuan mengenai efektivitas UMKM yang berkaitan dengan penggajian karyawan.

10.   Akses Data Mudah: Software payroll berbasis cloud dapat diakses kapan saja dan di mana saja dari perangkat apa pun. Hal ini dapat mengurangi biaya infrastruktur, mempercepat penyelesaian tugas, dan mengurangi keterlambatan prosedural.

 

Untuk mendapatkan berbagai kemudahan di atas dalam mengelola manajemen payroll, Anda dapat menggunakan software Leukeun Payroll yang akan memudahkan perhitungan payroll dan mengelola kehadiran karyawan. Segera daftarkan UMKM Anda di. www.Leukeun.com