Cara Memilih Software Kasir Yang Cocok Untuk Bisnis Anda

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Menjalankan usaha Bisnis harus semaksimal mungkin. Seluruh sistem harus berjalan sebagaimana mestinya serta memudahkan pebisnis untuk mengawasinya. Contohnya dalam sistem transaksi, Anda butuh software kasir yang mana berguna untuk memberikan kinerja cepat serta akurat.


Mengawasi kegiatan dengan bantuan software yang terhubung di internet cukup membantu. Metode ini dipandang sebagai solusi terbaik saat ini. Secara, pebisnis dapat memahami apa yang terjadi dalam usahanya. Selain itu, jika Anda adalah seorang pebisnis yang sudah memiliki beberapa gerai cabang, Anda bisa mengendalikan bisnis tersebut tanpa harus datang ke gerai dengan menggunakan bantuan software ini.


Seperti layaknya bisnis pada umumnya, ada sejumlah sistem point of sales mengalami perubahan dramatis selama bertahun-tahun. Meskipun masih ada sejumlah besar pemain dalam permainan, mereka mungkin tidak semua cocok untuk operasi bisnis Anda karena sejumlah alasan. Oleh sebab itu, untuk memilih mana yang terbaik, berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan:


1) Memastikan apakah Anda membutuhkan hardware tertentu


Beberapa sistem POS mewajibkan penggunanya untuk membeli hardware, sementara yang lain sudah bisa dioperasikan hanya dengan modal iPad atau laptop saja. Jika Anda memilih sistem POS yang membutuhkan beberapa peralatan tambahan, maka buatlah rincian daftar barang yang sebelumnya harus Anda siapkan. Pastikan untuk menyertakan jumlah unit yang dibutuhkan untuk setiap hardware.


2) Harga


Jika Anda termasuk orang yang baru mengenal sistem POS atau aplikasi kasir semacam ini, maka Anda bisa dibilang masuk pada era yang tepat. Tidak lama sebelum hari ini, sistem POS tidak diperuntukkan untuk para pebisnis skala kecil karena harga yang dipatok cukup tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, aplikasi kasir online seperti ini bisa dibeli dengan harga yang lebih terjangkau.


Walaupun demikian, sebuah software kasir sama seperti produk lain yang diperjualbelikan yang memiliki varian harga antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Untuk itu, pertimbangkanlah keseimbangan harga yang Anda akan bayar dengan kualitas aplikasi kasir online yang akan Anda dapat. Tidak sedikit sistem POS yang sebenarnya biasa-biasa saja, namun dipatok dengan harga yang sangat mahal.


3) Mudah digunakan


Karena tujuan dibuatnya point of sale untuk memudahkan para pebisnis untuk mengontrol bisnis yang dimilikinya, maka carilah point of sale yang memiliki tampilan dan desain grafis yang user-friendly. Selain dari segi desain dan tampilan, carilah juga aplikasi yang mudah untuk dipersiapkan dan sederhana jika digunakan sehingga Anda bisa mengatur proses persiapan secara mandiri. Jika Anda memiliki karyawan yang memang bertugas di bidang ini, maka Anda harus menemukan aplikasi yang sudah bisa dipahami oleh para karyawan Anda dalam waktu beberapa menit saja, bukan beberapa jam


4) Keamanan dan pajak


Karena salah satu jenis bisnis yang berpotensi menggunakan point of sale dalam  jenis bisnis retail, maka aspek keamanan data adalah salah satu yang harus diperhatikan. Pencurian nominal dalam bisnis retail memang cukup sering dilakukan, untuk itu carilah point of sale yang memiliki fitur jalur audit (audit trails) yang memungkinkan Anda untuk melacak masalah-masalah seperti itu. Selain itu, jika usaha bisnis Anda berupa jasa pengiriman barang, maka carilah juga point of sale yang memiliki sistem pendukung tarif pajak mengingat Anda akan berurusan dengan pajak dari berbagai macam negara


5) Review dari sesama pebisnis


Setelah melewati keempat hal diatas, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa point of sale  yang Anda pilih masuk dalam daftar software kasir terpopuler dan terpercaya. Setelah Anda mendapatkan daftar  tersebut, jangan lupa untuk melihat-lihat review dari sesama pebisnis mengenaisoftware kasir yang digunakannya juga. Ini memberikan wawasan berharga yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain.


Kesimpulannya, tentukan software kasir yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Caranya dengan melakukan pemeriksaan, kemudian memastikan bahwa pengembangnya memang memiliki reputasi baik. Leukeun POS merupakan Salah satu software kasir yang bisa digunakan untuk semua jenis bisnis dan serba bisa dengan fitur terlengkap. Informasi lebih lanjut kunjungi website kami di:www.Leukeun.com