Contoh Penerapan Sistem Point Of Sales (POS) Dalam Bisnis

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Sistem point of sale (POS) adalah tempat pelanggan melakukan pembayaran untuk barang atau jasa di toko Anda. Setiap kali pelanggan membeli sesuatu di bisnis Anda, maka itu akan menjadi transaksi POS. Sistem POS berfungsi sebagai penghubung untuk transaksi bisnis Anda mulai dari penjualan hingga inventaris hingga manajemen pelanggan yang bergabung ke dalam POS Anda. Biasanya, sistem tempat penjualan adalah kombinasi dari perangkat lunak dan perangkat keras. Sistem POS Anda mungkin memiliki beberapa contoh komponen fisik, seperti :

 

·         Register kegunaan register sangat penting dalam membantu Anda menghitung dan memproses transaksi pelanggan.

·         Perangkat yang terhubung, seperti iPad atau tablet lain maupun perangkat portabel bisa menjadi alternatif yang baik untuk monitor.

·         Alat pembaca kartu kredit memungkinkan pelanggan Anda membayar dengan aman menggunakan kartu kredit saat berada di toko, baik melalui pembayaran nirsentuh seperti Apple Pay, kartu chip, atau kartu magstripe (strip magnetis).

·         Meskipun Anda menerima pembayaran nirsentuh, Anda mungkin masih memerlukan tempat yang aman untuk menyimpan uang tunai Anda yakni mesin atau laci kasir. Perangkat lunak POS yang terhubung ke laci uang dapat meminimalkan penipuan dengan melacak dengan tepat saat laci dibuka.

·         Printer tanda terima juga bagian penting karena tanda terima kertas menunjukkan kepada pelanggan kapan dan apa yang mereka beli dan berapa banyak mereka membayar.

·         Pemindai kode batang atau barcode dapat membaca detail produk suatu item sehingga ini juga bisa menjadi cara cepat untuk memeriksa ulang harga, tingkat stok, dan detail lainnya.

 

CARA KERJA POINT OF SALE

Sistem POS memungkinkan bisnis Anda menerima pembayaran dari pelanggan serta juga melacak penjualan. Meski terdengar cukup sederhana, tetapi pengaturannya dapat bekerja dengan cara yang berbeda, bergantung pada apakah Anda menjual secara online, memiliki etalase fisik, atau keduanya. Adapun Point of Sale yang digunakan untuk merujuk pada mesin kasir yang umumnya dijumpai di toko- toko offline. Saat ini, sistem POS modern sepenuhnya digital, yang berarti Anda dapat memeriksa pelanggan di mana pun Anda berada dan yang Anda butuhkan hanyalah aplikasi POS dan perangkat berkemampuan internet, seperti tablet atau ponsel.

 

Jadi, apa saja yang bisa dilakukan sistem POS? Dibawah ini cara kerja Point of Sale dalam ritel :

 

·         Membantu mengotomatiskan proses transaksi

·         Melacak data penjualan penting

·         Menunjukkan pola penjualan

·         Menangkap perbedaan harga atau arus kas

·         Memantau tingkat inventaris

·         Mengumpulkan informasi penjualan harian

 

 

Selain cara kerja umum diatas, POS juga dapat membantu Anda mengelola komponen utama bisnis Anda lainnya, termasuk inventaris, karyawan, dan hubungan pelanggan.