Fungsi dan Manfaat Melakukan Stock Opname Secara Teratur

Stock opname adalah salah satu aktivitas penting dalam mengelola persediaan bisnismu. Aktivitas ini juga wajib dilakukan secara rutin dan berkala. Dan pastinya, stock opname dilakukan oleh bisnis yang memiliki aset persediaan barang, seperti ritel. Contohnya swalayan dan supermarket.

Odoo image and text block

 

vDefinisi Stock Opname

Pengertian stock opname merupakan aktivitas perhitungan stok barang yang ada di dalam gudang dan siap untuk dijual. Artinya, stock opname adalah aktivitas yang harus dilakukan langsung di dalam gudang. Sebab, kamu harus mengecek dan menghitung stok barang secara fisik.

 

Stock opname sendiri tetap dilakukan meskipun di era modern saat ini, di mana bisnis sudah menggunakan sistem terkomputerisasi untuk mencatat stok persediaan barang, lho! Soalnya, penghitungan stok persediaan fisik secara langsung di gudang kemudian dipergunakan untuk mengonfirmasi akurasi jumlah stok yang tercatat di dalam sistem.

 

vPentingnya Melakukan Stock Opname

Secara garis besar, tujuan dari stock opname adalah untuk memastikan kesesuaian dan akurasi stok barang fisik dengan stok yang tercatat di dalam catatan pembukuan maupun barang. Dan apabila terdapat ketidaksesuaian, kamu sebagai pemilik usaha pun bisa menentukan apa langkah berikutnya yang harus dilakukan, plus penyesuaian yang diperlukan untuk memastikan akurasi laporan keuangan agar menggambarkan kondisi yang sesungguhnya

 

vManfaat Stock Opname

· Meminimalkan risiko ketidaksesuaian stok barang, baik itu ketidaksesuaian karena lebih atau kurang.

· Mempercepat proses tindak lanjut dan investigasi apabila diketahui bahwa ada stok barang yang kurang atau hilang, sehingga risiko kekurangan atau kekosongan stok barang yang dijual bisa diminimalkan.

· Menjadi pertimbangan penting dalam proses analisis bisnis saat dibandingkan dengan data stok barang dari stock opname periode sebelumnya.

· Membantu mengetahui aliran masuk dan keluar stok barang secara lebih pasti.

· Mengecek secara langsung kondisi barang yang ada di dalam gudang untuk memastikannya selalu dalam kondisi yang baik dan memenuhi standar untuk dijual.

Meskipun penting, stock opname sendiri merupakan aktivitas yang jelas akan menyita waktu dan tenaga. Bahkan, biasanya stock opname berarti bahwa kamu harus meliburkan usahamu dulu selama setidaknya satu hari. Artinya, kamu akan kehilangan potensi penjualan sehari, kan?

 

Untungnya, kamu bisa dapatkan solusi yang lebih baik tanpa harus kehilangan potensi penjualan saat jadwalnya stock opname tiba.

Dengan Leukeun Service, semua pencatatan transaksi penjualan dan stock akan tercatat secara reatime dan otomatis, sehingga anda tidak perlu lagi membuang buang waktu untuk melakukan stock opname manual.