Fungsi Sistem Informasi Manajemen pada Bisnis

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Setiap pengambilan keputusan dari bisnis maupun organisasi harus berdasarkan informasi yang relevan dan telah terverifikasi. Jika tidak memiliki informasi yang relevan maupun terverifikasi, maka bisnis yang anda jalankan dapat mengalami kerugian yang besar dan produktivitas akan menurun. Berikut merupakan fungsi dari SIM pada bisnis:

 

1. Membantu dalam proses pengambilan keputusan

Sebuah sistem tentu harus berdasarkan informasi yang relevan dan dari sumber yang valid. Informasi tersebut haruslah mengandung sebuah fakta agar proses pengambilan keputusan berjalan dengan baik. Dengan adanya sistem informasi manajemen dalam bisnis anda, maka pengambilan keputusan akan lebih mudah dan terstruktur dengan baik.

 

Salah satu jenis SIM adalah Sistem Pendukung Keputusan. Sistem ini sendiri dapat anda gunakan dalam membuat keputusan untuk bisnis anda.

 

2. Membantu menemukan solusi dari permasalahan bisnis

Seperti yang telah diketahui, sistem ini akan memberikan informasi yang relevan dalam setiap aspek kegiatan. Apabila terdapat kesalahan pada manajemen, maka informasi pada SIM akan memberikan solusi pada permasalahan tersebut.

 

3. Membantu dalam membandingkan kinerja bisnis

Di dalam sistem ini juga menyimpan history data dan menyimpan data dalam sebuah basis data (database). Sehingga pada sistem informasi manajemen dapat membandingkan kinerja bisnis anda dengan lebih mudah dan cepat.

 

4. Membantu koordinasi antar departemen

Terkadang, di beberapa perusahaan bisnis memiliki beberapa departemen dan menjalankan tugas masing-masing sehingga perlu adanya sebuah sistem yang dapat mengkoordinasikan tiap departemen dengan baik. SIM disini, memiliki kemampuan untuk membantu koordinasi masing-masing departemen.

 

Pertukaran informasi menjadi lebih baik dan cepat dengan manajemen yang terstruktur. Hubungan yang sehat akan terbentuk pada setiap orang dalam departemen satu dengan departemen yang lain dalam pertukaran informasi. Hal tersebut berkaitan dengan pentingnya sistem integrasi dalam sebuah perusahaan.