INI ALASAN KENAPA PERUSAHAAN HARUS MEMILIKI LAPORAN TERKAIT KEUANGAN

Laporan keuangan adalah dokumen penting perusahaan yang menyatakan kondisi keuangan suatu perusahaan, banyak sekali alasan kenapa laporan keuangan sangat penting.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

Baik bagi perusahaan maupun bagi pihak-pihak lain.

Berikut adalah alasan pentingnya laporan keuangan ada pada setiap perusahaan:

1.     Memberikan informasi jelas tentang kondisi keuangan perusahaan, untuk para calon investor yang hendak melakukan investasi ke perusahaan tersebut. Dengan mengetahui kondisi keuangan perusahaan, investor bisa menentukan bagaimana pengelolaan perusahaan dan bagaimana kinerja perusahaan. Sehingga investor bisa memperhitungkan berapa banyak keuntungan yang bisa diambil ketika melakukan investasi ke perusahaan tersebut.

2.     Dari sudut pandang pelanggan, laporan keuangan bisa menjadi pegangan untuk percaya dengan suatu perusahaan. Jika pelanggan terikat kontrak jangka panjang, laporan keuangan yang stabil berarti perusahaan berjalan dengan lancar dan kondisi perusahaan aman. Tetapi jika laporan keuangan berantakan dan tiba-tiba perusahaan harus mendeklarasikan bangkrut atau pailit maka pelanggan dengan kontrak jangka panjang akan dirugikan untuk perkara ini.

3.     Pentingnya laporan keuangan bagi karyawan perusahaan, laporan keuangan memberitahukan kondisi perusahaan. Mengingat para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut bergantung pada gaji dari perusahaan,maka dengan laporan keuangan yang stabil tentunya karyawan akan lebih percaya kepada perusahaan. Karyawan pun merasa betah bekerja di perusahaan.

4.     Untuk pemegang saham, perusahaan dengan kondisi keuangan yang stabil tentunya akan lebih dipercaya. Bagi para pemegang saham, jika suatu perusahaan memiliki kondisi keuangan yang stabil dan baik, berarti peluang sahamnya bernilai tinggi adalah kesempatan yang bagus. Sebaliknya, jika kondisi keuangan suatu perusahaan tidak stabil, hal ini membuat pemegang saham khawatir akan merugi.

5.     Bagi perusahaan itu sendiri, laporan keuangan menjadi evaluasi tentang kondisi keuangan perusahaan. Dari laporan keuangan perusahaan, bisa diketahui mana aset yang berharga, mana produk yang paling tinggi terjual hingga yang kurang disukai oleh pasar. Dengan data tersebut, perusahaan dapat mengambil langkah di periode selanjutnya. Misalnya dengan memperbaiki produk yang kurang disukai masyarakat agar lebih bisa diterima masyarakat kedepannya.

Laporan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi siapapun yang berhubungan dengan entitas tersebut.

Oleh karena itu, laporan ini adalah dokumen penting yang tidak dapat disepelekan untuk proses pencatatan transaksinya.

Setiap data transaksi yang tercatat harus dicatat dengan tepat dan detail agar tidak terjadi kesalahan pada saat pembuatan laporan keuangan.

Selain beberapa alasan pentingnya laporan keuangan di atas, laporan keuangan juga bisa dibilang penting karena alasan fungsi berikut:

·         Membantu perusahaan menilai kondisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu. 

·         Menyajikan informasi atau data-data yang komprehensif mengenai kedudukan keuangan perusahaan. Misalnya seperti ulasan kondisi perusahaan secara menyeluruh atau ulasan kondisi keuangan perusahaan secara spesifik.

·         Sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan penting perusahaan. Terutama keputusan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan atau kelangsungan hidup perusahaan.

·         Menciptakan hal baru bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas kinerja perusahaan.

·         Kredibilitas perusahaan juga meningkat karena perusahaan dengan laporan keuangan yang stabil dan baik berarti berhasil mengelola perusahaan terutama keuangan dengan baik.

Dengan terdapatnya laporan yang disediakan oleh pihak manajemen perusahaan maka akan sangat membantu pihak pemegang saham dalam proses pengambilan keputusan, serta sangat bermanfaat dalam melihat keadaan pada saat ini ataupun dijadikan sebagai alat untuk memprediksi keadaan masa yang akan datang.

Pembuatan laporan ini menjadi bagian penting perusahaan.

Banyak sekali manfaat dari laporan keuangan baik untuk perusahaan, karyawan, bahkan pelanggan maupun pemegang saham.

Perusahaan yang mampu mengelola keuangan dengan baik berarti memiliki manajemen yang baik.