Leukeun POS Solusi Terbaik untuk Bisnis Anda

Masih mengandalkan penggunaan mesin kasir manual buat catat semua orderan dari pelanggan? Cara tersebut bisa dibilang sangat kuno karena harus input harga satu persatu. Belum lagi, ada kemungkinan sistem yang eror sehingga membuat jumlah yang keluar berbeda. Akibatnya, bisnis kamu mengalami kerugian karena cuma masalah sepele tersebut.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Dalam dua atau tiga tahun terakhir, teknologi untuk memudahkan pengelolaan bisnis di depan sudah berhasil ditemukan. Teknologi itu disebut sebagai aplikasi kasir atau sistem pos. Sistem ini mengintegrasikan diantara satu perangkat dengan perangkat lainnya.

Memiliki mesin Point of Sale sangatlah penting karena fitur-fitur yang ada di dalam mesin ini mampu membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi kerja. Mulai dari pemasangan harga yang konsisten untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen Anda hingga manajemen stok barang yang tersedia, bahkan pelacakan tingkat kompetisi antar karyawan.

Namun, ketika Anda memutuskan untuk membeli mesin Point of Sale, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai ternyata Anda salah dalam memilih mesin Point of Sale sehingga menyebabkan Anda kurang maksimal dalam menikmati manfaatnya.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli mesin Point of Sale.

 

1)      Pastikan Jenis Mesin Point of Sale Mudah Digunakan oleh Siapa Pun

Mesin Point of Sales ini nantinya akan digunakan oleh Anda dan karyawan untuk keperluan transaksi sehari-hari dengan pelanggan. Hal yang menurut Anda oke belum tentu dirasakan demikian oleh karyawan. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa mesin Point of Sale yang akan Anda beli memiliki cara penggunaan yang praktis sehingga tidak perlu waktu lama untuk mengajari karyawan Anda dan mereka pun lebih mudah membiasakan diri.

 

2)      Berapa Besar Ukuran yang Ideal Menurut Anda?

Ini juga penting untuk diperhatikan. Desain mesin Point of Sale juga beragam, begitu juga dengan ukurannya. Ukuran ini juga harus Anda pertimbangkan. Apakah mesin tersebut cukup mendukung jika ditempatkan di atas meja atau di perusahaan Anda. Mesin yang terlalu besar juga memakan tempat sehingga akan memerlukan meja yang lebih besar. Mesin yang terlalu kecil pun akan membuat aktivitas kurang nyaman, misalnya ketika menarik laci uang atau melakukan input produk.

 

3)      Maintenance dan Garansi

masing-masing pengembang mesin Point of Sale menerapkan kebijakan yang berbeda-beda untuk konsumen yang membelinya. Selain membeli, Anda pun juga bisa menyewa mesin Point of Sale ini. Jika Anda menyewa, hal ini dinilai lebih praktis karena jika terjadi kerusakan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikannya karena biasanya sudah ditanggung oleh pihak yang menyewakan.

 

Point of Sale software juga menjadi salah satu hal yang wajib dipertimbangkan ketika akan membelinya. Karena mesin ini sendiri adalah mesin yang serbaguna, maka ke depannya akan ada beberapa perangkat yang dipasang di dalamnya guna menunjang kegiatan operasional bisnis yang Anda lakukan. Misalnya Point of Sale software untuk program akuntansi, inventor, laporan laba rugi, ataupun laporan penjualan yang Anda lakukan. Beberapa dari software tersebut mungkin sudah disisipi dengan database yang mencakup karyawan Anda sehingga hal ini akan memudahkan Anda juga dalam mengontrol karyawan.

Pastikan Anda memperhatikan hal-hal di atas ketika akan membeli mesin Point of Sale. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kualitas terbaik dengan manfaat yang maksimal. Tentu saja, semua itu juga tergantung pada berapa besarnya budget yang Anda keluarkan.