MANFAAT POINT OF SALES UNTUK BISNIS RETAIL

Selain kafe dan restoran, saat ini sistem POS (Point of Sale) juga telah banyak digunakan oleh berbagai toko retail di Indonesia. Pada dasarnya, sistem ini dirancang untuk memudahkan proses pembelian. Akan tetapi, manfaat dari sistem ini sebenarnya lebih dari itu. Berikut ini adalah lima manfaat lain dari sistem POS untuk bisnis retail.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

1. Memudahkan bisnis retail mengelola barang di beberapa toko

Sistem POS memungkinkan pemilik bisnis retail untuk mengelola penjualan di seluruh cabang toko mereka. Anda dapat meng-update produk dan harga produk di seluruh toko Anda hanya melalui satu sistem. Anda dapat melihat semua transaksi penjualan Anda dan melihat ketersediaan stok barang Anda di setiap cabang. Misalnya Anda kehabisan stok barang di salah satu toko Anda, maka Anda bisa mencarinya di cabang toko Anda yang lain.

2. Memberikan layanan pelanggan yang lebih baik

Sistem POS membantu Anda menyediakan layanan yang lebih baik untuk pelanggan Anda. Staf Anda dapat mencarikan produk yang diinginkan oleh pelanggan hanya dalam hitungan detik. Sistem ini bahkan memungkinkan Anda untuk membuat kios self-service untuk pelanggan Anda, sehingga mereka dapat mencari barang yang mereka inginkan sendiri.

Anda punya toko online? Jangan khawatir! Karena sistem POS yang canggih dapat diintegrasikan dengan e-commerce. Ini artinya, Anda dapat mengizinkan pelanggan Anda untuk melakukan pembayaran online.

3. Meningkatkan keamanan data terkait dengan pelanggan

Data pelanggan termasuk informasi kartu kredit mereka harus disimpan secara aman. Sistem POS berbasis Cloud memfasilitasi keamanan data pelanggan Anda. Seluruh informasi penting disimpan di dalam Cloud, bukan di sistem komputer Anda. Sehingga ini menghilangkan risiko kehilangan data akibat virus komputer atau kerusakan pada sistem.

Cloud POS juga memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai data secara offline. Anda dapat tetap melanjutkan transaksi tanpa khawatir ada data yang hilang. Seluruh data transaksi akan disimpan dan disinkronisasi ketika Anda kembali online.

4. Menghasilkan laporan penjualan yang lengkap dan akurat

Sistem POS membantu Anda mendapatkan data lengkap mengenai kinerja penjualan Anda. Melalui sistem ini, Anda dapat membuat laporan sales lengkap yang mencakup jumlah produk yang terjual, produk yang paling laris, keuntungan penjualan, dan lain-lain. Dengan sistem ini, Anda dapat menghilangkan human error yang biasanya terjadi saat menghitung penjualan, sehingga data yang dihasilkan benar-benar akurat.

5. Memudahkan dan mempercepat proses pengembalian barang

Manfaat lain yang Anda dapatkan dari sistem POS yang canggih adalah proses pengembalian barang yang cepat. Ketika ada pelanggan Anda membatalkan pembelian produk, maka Anda bisa memprosesnya melalui sistem POS hanya dengan beberapa klik. Jumlah stok yang tadinya berkurang akan bertambah lagi secara otomatis.