MANFAAT SISTEM PAYROLL UNTUK PERUSAHAAN DAN KARYAWAN

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

Apa manfaat menggunakan sistem payroll?

Selain bisa menghemat waktu dan lebih praktis, sistem ini juga punya banyak manfaat lainnya lho. Ini dia manfaatnya.


1. Memudahkan HRD

Dengan sistem ini, HRD akan lebih mudah melihat performa karyawan dalam satu bulan. Sebab aplikasi ini pada umumnya juga terintegrasi dengan sistem absensi dan cuti karyawan. Dengan demikian, gaji karyawan akan dipotong otomatis sesuai performanya.


2. Tepat dan minim kesalahan

Selain memudahkan, dengan menggunakan sistem ini, hasil yang didapat tepat. Sebab proses hitung gaji karyawan akan dilakukan secara otomatis. Baik gaji pokok, tunjangan kerja, bonus, uang makan, uang transportasi, BPJS, dan hak-hak karyawan lainnya sehingga kesalahan dalam penghitungan gaji karyawan bisa terhindar.


3. Hemat dan efisien

Sistem ini memungkinkan perusahaan untuk lebih menghemat anggaran untuk menggaji staf HRD. Untuk menghitung gaji 100 pegawai dalam satu hari, misalnya, akan membutuhkan jumlah staf HRD tiga hingga lima orang. Dengan adanya sistem ini, perusahaan bisa memangkas jumlah staf HRD agar lebih efisien.


4. Data mudah disajikan

Dioperasikan menggunakan software, penghitungan sistem ini menjadi lebih mudah dan praktis. Sebab perusahaan tidak perlu lagi mengumpulkan semua data di Ms. Excel. 


Semua data dapat disajikan menjadi satu mulai dari data karyawan, jadwal kerja (roster), lembur, cuti, gaji karyawan, absensi, pinjaman, dan lainnya.


5. Menyimpan data secara otomatis

Perusahaan tidak perlu lagi menyimpan data secara manual karena akan membutuhkan banyak kertas dan penyimpanan. Menggunakan payroll software, data akan tersimpan secara otomatis. Kita juga bisa menghapus data sewaktu-waktu jika memang sudah tidak diperlukan lagi.


6. Jauh lebih aman

Jika perusahaan telah memiliki payroll software sendiri, perusahaan mampu menangani tanpa harus menyewa atau menggunakan jasa pihak ketiga. Selain semakin menghemat pengeluaran, kepemilikan software sendiri juga bisa menghilangkan potensi miscommunications mengenai gaji karyawan yang harus dibayarkan.


7. Meminimalisir sanksi pajak

Selain aman sistem payroll juga memiliki keunggulan dapat membuat formulir pajak yang tentunya dibutuhkan perusahaan dan karyawan. Sebelumnya proses ini mungkin dapat memakan waktu, biaya dan tenaga yang banyak namun kini pihak yang bersangkutan dapat dengan mudah mencetak formulir pajak.