MANFAAT SLIP GAJI UNTUK KARYAWAN

Tidak hanya nominal gaji, rupanya slip gaji juga harus dipahami oleh setiap karyawan. Pasalnya, hal yang satu ini merupakan bukti dari keakuratan jumlah gaji yang telah dibayarkan oleh perusahaan.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

Sebenarnya sebagian besar perusahaan pasti akan memberikan gaji lengkap dengan slip gajinya.

 

Namun, tetap saja masih ada beberapa perusahaan yang tidak pernah memberitahukan hal tersebut pada karyawannya.

 

Jika kamu merasa tidak pernah mendapatkan dokumen tersebut dari perusahaan, kamu berhak untuk menanyakannya, lho.

 

Hal itu disebabkan, baik gaji atau slip gaji berhak didapatkan oleh setiap karyawan yang bekerja.

 

Nah, jika kamu penasaran dengan pentingnya hal yang satu ini bagi karyawan, coba deh simak dahulu penjelasan yang sudah Glints persiapkan berikut ini.

mengapa dokumen yang satu ini sangat penting bagi karyawan.

1. Mengetahui rincian gaji

Fungsi pertama dari slip gaji tentu saja untuk mengetahui rincian komponen dari nominal gaji yang kita terima setiap bulannya.

Komponen gaji tersebut berbeda-beda, tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Jadi selain jumlah gaji pokok, kamu juga akan melihat berapa jumlah uang hasil kontribusimu misalnya saat mendapatkan bonus atau THR.

Begitu juga dengan informasi mengenai jumlah potongan misalnya untuk pajak atau bahkan karena adanya pelanggaran saat bekerja misalnya karena terlambat.

Dari informasi tersebut, kamu bisa melakukan introspeksi dan termotivasi untuk meningkatkan kualitas kerjamu di perusahaan.

2. Cicilan kendaraan bermotor

Tidak hanya berguna untuk mengetahui jumlah pasti gaji saja, rupanya slip gaji juga sangat bermanfaat saat kita ingin mengambil kredit kendaraan.

Saat mengajukan kredit kendaraan, biasanya perusahaan kredit memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Selain dokumen seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, surat nikah, rekening listrik atau PDAM, dan buku tabungan, biasanya slip gaji juga dibutuhkan sebagai salah satu persyaratannya.

Dokumen berisikan informasi gaji tersebut digunakan sebagai bukti bahwa kita mempunyai pekerjaan tetap yang bisa menjamin kemampuan dalam membayar tagihan cicilan.

3. Kredit peralatan elektronik

Gadget keluaran terbaru baru saja dirilis, tapi tabunganmu belum cukup untuk membelinya?

Slip gaji yang kamu miliki bisa kamu manfaatkan untuk bisa membeli gadget yang kamu sukai tersebut dengan kredit cicilan.

Fasilitas kredit cicilan ini sangat berguna bagi kamu yang ingin membeli beberapa alat elektronik sekaligus dalam satu waktu. Apalagi jika kamu sudah berumah tangga dan tinggal di rumah baru.

Perusahaan penyedia kredit akan mempertimbangkan kemampuanmu dalam membayar cicilan perbulan lewat informasi dalam dokumen tersebut. Selain itu, informasi tersebut juga akan mempengaruhi lamanya jangka waktu cicilan yang bisa kamu ambil nantinya.

4. Kredit tanpa agunan

Salah satu manfaat lainnya adalah sebagai syarat pengambilan KTA atau Kredit Tanpa Agunan.

Kredit ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pendidikan, pernikahan, kesehatan, renovasi rumah, serta kebutuhan keluarga lainnya.

Bank atau perusahaan pemberi kredit tersebut tentunya harus berhati-hati dalam memberi persetujuan kredit tanpa jaminan kepada calon kreditur. Jangan sampai orang yang diberi kepercayaan untuk mendapat kredit tanpa agunan nantinya tidak bisa membayar hingga jatuh tempo.

Salah satu persyaratan bagi bank untuk mengklasifikasi orang-orang yang akan mengajukan kredit adalah slip gaji.

Nominal limit kredit yang bisa diambil juga tergantung pada jumlah gaji yang kamu terima setiap bulannya.

Sebagai contoh, kredit tanpa agunan di salah satu bank pemerintah di Indonesia membatasi kredit hingga sebesar lima kali gaji.

5. Cicilan rumah idaman

Sebagaimana alat elektronik atau kendaraan bermotor, kamu pasti sudah memiliki rumah yang kamu idam-idamkan untuk ditinggali.

Dengan harga rumah yang terus melambung tinggi, kamu pasti sudah mempertimbangkan untuk membeli rumah dengan bantuan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.

Informasi mengenai gaji juga sangat dipertimbangkan oleh Bank dalam mengambil KPR.

Mereka biasanya meminta dokumen soal informasi gaji selama 3 hingga 6 bulan berturut-turun dengan masa kerja lebih dari setahun.

Jumlah gaji dari calon kreditur juga diperhitungkan dan umumnya harus memiliki jumlah minimal hingga 3 kali lipat dari angka cicilan tiap bulannya.

6. Negosiasi gaji

Selain bermanfaat untuk syarat pengajuan kredit, slip gaji rupanya juga berguna untuk negosiasi gaji saat melamar kerja.

Dikutip dari Naukri, slip gaji dapat membantu karyawan saat sedang negosiasi gaji dengan pemberi kerja.

Pasalnya, informasi gaji tersebut bisa membantu karyawan untuk meminta gaji yang lebih baik dari perusahaan sebelumnya.

Bagi pemberi kerja, informasi tersebut juga dapat membantu menentukan kisaran gaji yang akan diberikan kepada calon karyawan.

Jadi, mereka akan menggunakan angka tersebut sebagai referensi untuk memperkirakan berapa nominal gaji yang pantas diberikan dengan kompetensi yang dimiliki karyawan itu.