MEMAHAMI DASAR AKUNTANSI DAN CARA PERHITUNGAN

Secara garis besar,accounting atau akuntansi merupakan seni dan proses pencatatan transaksi keuangan untuk kepentingan laporan kepada pemilik atau investor. Atau bisa didefinisikan sebagai suatu pengukuran, pemrosesan, komunikasi informasi kepada perusahaan. Hal tersebut merupakan dasar dari konsep akuntansi. Akuntansi telah digunakan di semua perusahaan jenis apapun, karena akuntansi memiliki manfaat dalam mempermudah kerja operasional perusahaan. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk belajar dan memahami dasar-dasar akuntansi perusahaan.

Odoo image and text block

 

Banyak perusahaan retail sedang kebingungan dengan urusan pajak. Jika pada tahun sebelumnya perusahaannya belum pernah melalukan perhitungan pajak penghasilan karyawannya, maka tahun ini berbeda. Perusahaan membayarkan pajak penghasilan karyawannya dan staf HR-lah yang ditugasi dalam perhitungan pajak penghasilan berdasarkan peraturan yang berlaku.

Bagi para praktisi HR, menghitung pajak penghasilan karyawan adalah pekerjaan tahunan yang memang lumayan memakan waktu. Terlebih jika Anda tidak mengetahui cara menghitung pajak penghasilannya.

Memiliki penghasilan tetap dari suatu pekerjaan tentu merupakan hal yang baik. Penghasilan ini biasanya dijadikan sumber pemasukan utama untuk karyawan dan pegawai yang bekerja disuatu perusahaan. Namun, sebagai seorang warga negara yang baik, karyawan juga sebaiknya memahami bahwa penghasilan yang didapatkan tidak lepas dari tanggungan pajak. Pajak ini, untuk orang atau individu, disebut dengan pajak penghasilan pribadi, atau secara secara hukum awam disebut PPh 21.

Memang jika dilihat secara sekilas tampak seperti rumit dan merepotkan. Namun hal ini perlu Anda ketahui sebagai HRD, karena hal ini menyangkut kewajiban pajak karyawan dan perusahaan Anda secara umum. Untuk mempermudah urusan penghitungan pajak penghasilan pribadi karyawan Anda, bisa menggunakan layanan HR seperti LeukeunLeukeun akan memberikan kemudahan penghitungan ini sehingga Anda akan bisa mengoptimalkan waktu yang ada. Selain itu,Leukeun juga digunakan untuk mengorganisir data karyawan dan payroll sehingga bisa sangat menghemat waktu.

Nah itu tadi sekilas tentang dasar akutansi dan pajak,mulai dari pajak penghasilan, dan penghasilan tidak kena pajak.kami akan membantu anda Mengenai contoh cara menghitung pajak penghasilan Anda. Jika anda ingin menambah informasi tentang dunia HR, silakan kunjungi situs http://leukeun.com/