Mengenal Fungsi Akuntansi Dalam Dunia Bisnis

Jika Anda adalah seorang pebisnis yang sudah menjalankan bisnisnya saat ini, atau Anda seorang pemula bisnis yang baru saja merintis usaha di bidang tertentu, maka penting bagi kita untuk mengetahui peran akuntansi dalam bisnis, agar kita bisa maksimal saat menggunakanya dalam pengambilan keputusan usaha kita nantinya.

Odoo image and text block

Bicara tentang akuntansi sudah pasti berkaitan dengan angka-angka dan perhitungan rumit sebagai bentuk pencatatan transaksi. Secara umum akuntansi dibutuhkan dalam bisnis sebagai pelaporan keuangan perusahaan.

Pembuatan laporan akuntansi dapat digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan perusahaan sesuai hasil analisis akuntansi.

Pembuatan laporan akuntansi dapat digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan perusahaan sesuai hasil analisis akuntansi.

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang terkait dengan keuangan. Dengan adanya akuntasi maka akan memudahkan seseorang dalam mengambil keputusan serta tujuan lainnya.

Apa saja peran akuntansi dalam bisnis, berikut ulasanya:

v . Mengetahui Jumlah Laba atau Rugi

Tujuan utama dari kegiatan usaha sebuah perusahaan adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan. Namun tidak selamanya perusahaan selalu mendapatkan laba. Ada kalanya perusahaan mengalami kerugian. Karena sebuah usaha apapun pasti ada naik-turunnya.

Karena itulah untuk memastikan apakah dalam suatu periode tertentu perusahaan mengalami laba atau rugi, diperlukan adanya catatan transaksi keuangan perusahaan secara menyeluruh, detail dan up to date (waktu terbaru) menggunakan proses akuntansi. Dari proses tersebut akhirnya akan menghasilkan informasi berupa laporan keuangan yang dapat memperlihatkan dengan jelas dan pasti tentang laba-rugi perusahaan pada periode waktu tertentu.

v Memberikan Informasi bagi Operasional Perusahaan

Manajemen sebagai pihak pengambil keputusan memiliki tugas merencanakan, mengatur, mengawasi, dan mengendalikan kondisi perusahaan. Agar perusahaan dapat berjalan dengan terstruktur, baik dan terarah. Dalam kegiatan untuk melaksanakan tugas tersebut, manajemen mebutuhkan informasi yang berkaitan dengan perusahaan.

 

v . Mengatur, Mengawasi dan Mengendalikan

Mengatur, mengawasi dan mengendalikan semua aktifitas yang terjadi di perusahaan Dalam kegiatan memperoleh keuntungan, diharapkan perusahaan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan kebijakan operasional maupun produksi yang telah dirancang oleh para manajer. Guna kepentingan tersebut, segala hal yang berkaitan dengan aktifitas di perusahaan perlu diatur, diawasi dan dilakukan pengendalian.

v Informasi Keuangan Perusahaan

Pihak internal perusahaan meliputi direktur, para manajer, dan pemegang saham. Mereka berkepentingan untuk melihat informasi keuangan guna memenuhi tugasnya dalam menganalisa kondisi keuangan perusahaan apakah dalam kondisi yang sehat atau tidak sehat.

v Alokasi Sumber Daya Ekonomi

Demi kelancaran usahanya, sumber daya ekonomi yang dimiliki oleh perusahaan meliputi modal, tenaga kerja, bangunan, peralatan dan mesin-mesin, perlu di alokasi sebaik mungkin agar tidak terjadi kekurangan atau pun pemborosan. Karena itu diperlukan informasi keuangan yang tersaji dalam laporan keuangan untuk menentukan aktifitas alokasi tersebut. Agar alokasi sesuai dengan keuangan yang dimiliki serta sesuai pos-pos yang membutuhkan.

Tentunya penting untuk mengklasifikasikan setiap tugas dari accounting dalam perusahaan agar pekerjaan tersebut menjadi lebih terukur serta administrasi yang lebih baik. Untuk hal tersebut anda dapat menggunakan Software Leukeun Acconting Untuk Manfaakan fitur job yang ada di Software tersebut untuk mengklasifikasikan lebih detail mengenai job desc & tanggung jawab dari finance maupun acounting.

 buah Bagian Subtitle