Pentingnya Fungsi Content Marketing Bagi Bisnis

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Content Marketing (Pemasaran Konten) adalah proses pemasaran dari kegiatan bisnis untuk membuat dan mendistribusikan konten yang relevan untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan target konsumen.

Sebagaimana kegiatan pemasaran pada umumnya, content marketing dalam bisnis pun memiliki fungsi yang sama untuk meningkatkan penjualan. Namun, untuk lebih spesifik fungsinya antara lain:

1.       Membangun Brand Yang Terbaik Di Hadapan Konsumen

Brand merupakan hal yang paling penting dalam peluncuran produk. Kualitasnya akan menjadi word of mouth (wom) bagi banyak orang. Oleh sebab itu pentingnya untuk membangun brand itu sendiri di antara para konsumen agar bisa menciptakan promosi yang natural melalui wom yang dibangun dari image brand tersebut.

 

2.       Selangkah Lebih Maju Dari Kompetitor

Promosi produk yang dihasilkan dapat membuat selangkah lebih maju dari kompetitor. Bagaimana tidak, produk yang dihasilkan lebih banyak dikenali oleh banyak orang sehingga memungkinkan untuk mendapatkan konsumen baru. Hal tersebut merupakan langkah yang tepat untuk membuat selangkah lebih maju dari kompetitor, yaitu mendapatkan konsumen lebih banyak.

 

3.       Menjalin Relasi Jangka Panjang Dengan Mitra atau Pelanggan

Content marketing dalam bisnis berfungsi untuk menjalin kekerabatan dengan mitra dalam hubungan jangka panjang. Ya, dari sini akan dibangun kedekatan hubungan dengan mitra atau konsumen melalui komunikasi dua arah. Mitra atau pelanggan pun akan mendapatkan informasi yang lebih banyak mengenai produk yang dipromosikan tersebut.

 

4.       Meningkatkan Lebih Banyak Pengunjung Web Atau Sosial Media

Promosi yang menarik dapat meningkatkan traffic web atau pengunjung web untuk menjelajahi website yang menjadi profil perusahaan. Dari hal tersebut bisa dicapai dengan meningkatkan jumlah calon konsumen dengan adanya promosi yang menarik yang dilakukan melalui content marketingdalam bisnis. Sehingga promosi lebih efektif dan tepat sasaran.

 

5.       Mendapatkan Nilai Investasi Terbaik

Berawal dari promosi, akan membuat penjualan meningkat. Hal tersebut tentunya akan signifikan dengan bertambahnya keuntungan. Dengan demikian, perusahaan akan mendapatkan nilai investasi yang terbaik dari keuntungan tersebut. Nilai Investasi akan mudah didapatkan apabila perusahaan terus mengalami surplus dari penjualan produk yang dihasilkannya.

 

Itulah beberapa fungsi content marketing yang saat ini banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis. Aktivitas tersebut dinilai lebih efektif untuk meningkatkan penjualan. Dengan demikian, akan sangat mudah untuk mendapatkan calon konsumen guna meningkatkan keuntungan. Pengusaha dan konsumen akan memiliki komunikasi dua arah untuk membangun kemitraan yang lebih baik.