Pentingnya Membuat Laporan Keuangan Untuk Bisnis

Dalam membangun suatu usaha, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Mulai dari memikirkan ketersediaan stok barang, kinerja pegawai, sampai inovasi baru dalam usaha. Namun, ada satu hal yang seringkali terlupa dalam menentukan kelanjutan usaha dan taktik ke depannya. Hal tersebut adalah laporan keuangan  khusunya untuk pembisnis UMKM.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 

Banyak pengusaha, terutama yang masih pemula, berpikir bahwa membuat laporan keuangan yang tersusun rapih dan jelas bukanlah hal utama dalam berbisnis. Bagaimanapun juga, yang paling penting dari mengelola bisnis ya tentu kegiatan berbisnis itu sendiri. Berikut dalam Artikel ini saya Rangkum Penting nya membuat Laporan keuangan untuk Bisnis UMKM :

 

1)      Mengetahui Kondisi Finansial UMKM

Sebagai pelaku usaha, Anda tentu ingin mendapatkan pemasukan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pencatatan keuangan akan membantu Anda untuk mencapai hal tersebut. Dengan pencatatan keuangan, Anda bisa membandingkan kondisi finansial UMKM dari tahun sebelumnya dengan saat ini. Anda pun akan mengetahui apakah laba UMKM mengalami peningkatan atau tidak. Jika yang terjadi adalah sebaliknya, Anda bisa mengetahui biaya-biaya apa yang sebenarnya tidak diperlukan dan bisa dipangkas demi menghemat pengeluaran UMKM. Intinya, pencatatan keuangan membantu Anda mengawasi kondisi finansial UMKM, baik secara keseluruhan maupun mendetail.

 

2)      Alat Pengambil Keputusan

Anda tentu paham betul bahwa finansial merupakan salah satu aspek terpenting dalam UMKM. Setelah mengetahui kondisi finansial UMKM melalui pencatatan keuangan, Anda bisa menentukan berbagai keputusan demi masa depan UMKM Anda. Misalnya, Anda menemukan bahwa hasil penjualan produk tidak sesuai target padahal para pelanggan yang membeli produk Anda selalu memberi feedback positif. Anda pun memutuskan untuk lebih fokus pada marketing demi mempromosikan produk UKM. Melalui pencatatan keuangan, Anda juga bisa meninjau apakah UMKM Anda perlu berinvestasi alat produksi, menambah karyawan, dan berbagai kebijakan lainnya.

 

3)      Mempermudah Proses Pelaporan Pajak

Sebagai pelaku Bisnis UMKM sekaligus Warga Negara Indonesia yang baik, Anda wajib melaporkan hasil pajak usaha Anda. Nah, perhitungan pajak didasarkan pada laporan keuangan usaha yang didapatkan dari neraca dan laporan laba rugi. Bayangkan jika Anda tidak melakukan pencatatan keuangan. Pelaporan hasil pajak pasti tidak bisa dilakukan dengan tepat waktu.

 

4)      Menentukan Kelayakan Usaha

Sepertinya tidak ada bisnis besar yang melakukan pendanaan sendiri. Mayoritas dari mereka pasti mendapatkan investor yang memberikan dana untuk pengembangan bisnis. UMKM Anda pun memiliki peluang untuk mendapatkan bantuan atau tambahan modal dari pihak lain. Tentu pihak tersebut akan melakukan uji kelayakan untuk menentukan apakah UMKM Anda berhak mendapat dana mereka. Laporan keuangan pun memegang peranan penting karena menunjukkan sehat atau tidaknya kondisi UMKM.

 

Setelah Kalian membaca  mengenai pentingnya membuat Laporan Keuangan khususnya untuk Bisnis Pemula/Bproses isnis UMKM  untuk dapat  lebih mudah mengelola proses keuangan Bisnis Anda, Kalian dapat menggunakan Leukeun Accounting dalam mengelola keuangan Bisnis anda. Informasi Lebih lanjut kunjungi Website kami di:WWW.Leukeun.com