Pentingnya Penggunaan Point Of Sales Dalam Penjualan

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Point of sales merupakan sistem bagus untuk usaha Anda. Anda membutuhkannya untuk melakukan penjualan yang lebih rapi. Apalagi seluruh produk yang berhasil Anda jual perlu tercatat sesuai dengan kejadian di lapangan.

 

Anda yang ingin berbisnis, perlu tahu lebih banyak mengenai point of sales. Di ini kita akan membahas pentingnya Penggunaan Point of Sales dalam Penjualan :

 

1.       Mempermudah pemesanan produk

Anda tentu pernah pergi ke sebuah toko atau restoran, yang mana proses pemesanan barangnya memakai tablet atau smartphone. Teknologi itu juga sudah termasuk sistem POS. Dengan pemanfaatan sistem POS yang canggih itu, pelanggan pun bisa dengan mudah menambah pesanan, membayar, atau memilih produk yang diinginkan secara cepat, tanpa harus menunggu dilayani pramusaji.

 

 

2.       Menawarkan fleksibilitas

Sistem POS tidak hanya membuat pencatatan transaksi jadi lebih ringkas dan cepat. POS juga membantu suatu usaha agar tidak lagi bergantung pada satu metode pembayaran. Dengan kata lain, POS menawarkan fleksibilitas bagi pelanggan dalam hal pembayaran.

 

3.       Sistem POS Tradisional vs POS Berbasis Cloud

Dalam pengaplikasiannya, sistem POS modern telah menggunakan fitur cloud untuk mengelola dan menyimpan data transaksi. Nah, berikut ini perbandingan antara sistem POS tradisional dan yang memanfaatkan teknologi cloud.

 

4.       Akses Data

Sistem POS tradisional menggunakan penyimpanan berupa hard disk, yang hanya bisa diakses di tempat Anda menaruh perangkat kasir. Artinya, akses datanya sangat terbatas. Sebaliknya, sistem POS berbasis cloud telah memanfaatkan teknologi aplikasi pintar. Dengan begitu, pemilik usaha dapat mengakses data transaksi kapan dan di mana saja, hanya melalui gawai pintarnya. 

 

5.       Risiko Data Hilang

Karena hanya menyimpan di satu hard disk saja, risiko kehilangan data pada sistem POS tradisional lebih besar. Namun, jika menggunakan teknologi cloud, risiko data hilang lebih kecil karena selalu dilakukan back up berkala.

 

Demikian penjelasan tentang point of sales. Kesimpulannya, sistem POS berbasis daring tentunya akan lebih memudahkan pemilik usaha dalam mencatat data transaksinya.