Tips Menyusun System Penggajian Karyawan Secara Adil

 Gaji yang di dapatkan oleh setiap orang sudah tentu pasti akan berbeda karena setiap keahlian pasti memiliki apresiasi yang berbeda apalagi untuk beberapa latar belakang pendidikan yang berbeda Namun, setiap perusahaan yang seharusnya sudah memiliki sistem penggajian yang matang terkadang malah tidak memiliki sistem apapun dan hanya berdasarkan cara perhitungan yang manual.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

Saat menyusun gaji dengan menggunakan sistem tentu saja tidak bisa hanya asal-asalan atau dengan menggunakan feeling semata karena gaji adalah mutlak hak setiap karyawan dan biasanya sejak pertama kali masuk, karyawan sudah akan melakukan kesepakatan antara bagian HRD atau atasannya langsung untuk jumlah gaji yang akan mereka terima setiap tanggal penggajian. Berikut kali ini saya Rangkum Tips Menyusun system penggajian karyawan secara adil:

 

1.       Strategi Kompensasi

Filosofi dasar dalam penggajian adalah membandingkan dengan market atau gaji standar yang berlaku umum di pasar. Tentunya lebih baik membandingkan dengan industry sejenis. Pilihan strateginya adalah apakah anda akan membayar karyawan dengan gaji di atas rata-rata pasar, standar, atau di bawah rata-rata pasar?

 

2.       Uraian Tugas (job description)

Tidak perlu uraian tugas yang kompleks. Paling tidak menggambarkan tugas dan tanggung jawab utama pada jabatan tersebut sehingga dapat dibandingkan dengan gaji pada market.

 

3.       Struktur Gaji Formal

Sebagai orang yang ahli dalam mengelola penggajian, anda harus dapat menunjukkan dasar formal dari suatu sistem penggajian yang berlaku di perusahaan. Beberapa alternative yang dapat digunakan adalah dasar jenjang dalam struktur dalam organisasi.

 

4.       Survey

Lakukan survey secara berkala setiap tahun untuk melihat posisi perusahaan dibandingkan dengan perusahaan sejenis. Anda dapat Ikuti salary survey yang dilakukan pihak lain.

Cek posisi perusahaan anda dan tentukan apakah anda akan menggaji karyawan lebih tinggi, setara, atau lebih rendah untuk posisi-posisi tertentu. Bisa jadi, untuk jabatan-jabatan administratif anda memutuskan untuk menggaji lebih rendah, tetapi untuk yang bersifat strategis anda menggaji lebih tinggi. Tentukan gaji yang pantas untuk karyawan anda.

 

5.       Insentif Plan

Insentif adalah penghasilan tambahan di luar pendapatan tetap. Insentif diberikan pada umumya karena adanya kelebihan produksi atau ukuran kinerja lain.

Sistem penggajian dan pengupahan yang mengakomodasi adanya insentif sebaiknya membuat kriteria dan ukuran-ukuran yang jelas bentuk kinerja apa yang diberikan insentif. Kriteria ini juga harus disampaikan secara terbuka kepada seluruh karyawan agar memotivasi karyawan untuk lebih produktif.

 

Dari artikel diata kalian dapat memahami dan mempelajari, proses Kenaikan gaji secara berkala perlu untuk dilakukan sehingga karyawan juga akan merasa dirinya dihargai dan diapresiasi dengan hak yang diberikan perusahaan secara konsisten. untuk memudahkan segala proses penggajian karyawan anda bisa menggunakan Leukeun payroll software yang dapat memudahkan proses perhitungan gaji karyawan. Informasi lebih lanjut kunjungi website kami di:www.Leukeun.com