Tips Merekrut Karyawan Baru Yang Berkualitas Dan Berkompeten Untuk Perusahaan Anda

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Dalam sebuah perusahaan, kinerja karyawan tentunya menentukan kinerja perusahaan. Untuk itu perlu adanya penempatan orang yang tepat pada posisi yang tepat dalam perusahaan. Oleh karena itu, perekrutan karyawan jadi hal penting yang harus dilakukan agar perusahaan dapat mendapatkan karyawan yang berkualitas.

Apa saja tipsnya supaya mendapatkan karyawan berkualitas dan kompeten? Yuk simak tips mendapatkan karyawan berkualitas berikut ini :

 

1)      Melihat latar pendidikan dan pengalaman kerja

Bagi Anda yang membutuhkan karyawan dengan posisi yang cukup penting dan berpengaruh untuk perusahaan, maka sangat disarankan untuk menyeleksi calon karyawan yang telah mendaftar dengan melihat latar belakang pendidikan dan juga pengalaman kerja yang dimiliki.

Meskipun pengalaman kerja dan pendidikan tinggi tidak sepenuhnya menjamin karyawan akan bekerja secara maksimal. Tetapi, karyawan yang berpendidikan rendah serta minim pengalaman kerja biasanya tidak mampu bekerja dengan posisi yang tinggi.

 

2)      Melakukan tes kompetensi bidang

Meskipun para kandidat yang mendaftar menjadi karyawan Anda berasal dari universitas ternama, bukan berarti mereka akan memiliki kemampuan yang baik dalam bidang tersebut.

Oleh karena itu, Anda dapat melakukan beberapa tes kompetensi bidang kepada mereka yang mendaftar untuk menjadi karyawan di perusahaan Anda. Karena kecakapan dalam setiap bidang pekerjaan, akan sangat berpengaruh kepada kinerja dan perkembangan perusahaan Anda.

 

3)      Tidak merekrut karyawan hanya karena mengenalnya

Anda bisa saja merekrut karyawan yang Anda kenal, dengan catatan mereka memang memiliki kemampuan yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Karena jika Anda mempekerjakan mereka padahal Anda tahu bahwa mereka kurang kompeten, dan tidak cakap, justru dampak buruk untuk perusahaan Anda kedepannya akan semakin besar.

 

Itulah cara  untuk mendapatkan karyawan berkualitas di perusahaan. Semua tips tadi bisa diterapkan di semua perusahaan baik besar, menengah, ataupun UKM. Jika dipraktikkan, niscaya perusahaan Anda akan mendapatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat.