Tips Mudah Mengelola Persediaan Barang Dengan POS

 Banyak retailer telah beriinvestasi waktu dan tenaga untuk mencari sistem POS yang sesuai kebutuhannya, namun tidak memanfaatkan sistem POS secara maksimal. Persediaan adalah salah satu hal yang sering diabaikan para retailer. Sangat sedikit retailer yang memanfaatkan sepenuhnya kemampuan sistem mereka sehubungan dengan persediaan dan hanya berfokus pada penjualan.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

Penjualan retail pasti berhubungan dengan persediaan, itulah sebabnya sebagian besar Sistem POS modern (POS Cloud) menawarkan fitur manajemen persediaan. Fitur yang disediakan antara Sistem POS satu dengan yang lain mungkin bervariasi dan berbeda, tetapi fitur minimal yang disediakan selain modul penjualan adalah manajemen produk dan manajemen persediaan.

Berikut dalam artikel ini saya Rangkum Tips mudah mengelola persediaan Barang dengan POS:

 

1)      Pilih Manajer Logistik yang Berpengalaman

Cobalah untuk merekrut beberapa orang yang berpengalaman sebagai manajer logistik. Kriteria dari manajer logistik adalah harus benar-benar mengerti mengenai seluk beluk inventaris. Manajer logistik bertanggung jawab untuk memberikan laporan inventaris secara lengkap meliputi jumlah stok yang ada, keluar masuknya stok barang, depresiasi, valuasi stok barang dan sebagainya. Tidak hanya itu, mereka juga bertanggung jawab untuk menangani audit inventaris, pengembalian barang dan pengisian stok ulang.

 

2)      Tingkatkan Keamanan Gudang dan Toko

Untuk menjaga inventaris dalam jumlah yang banyak di toko yang berukuran besar, beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan keamanan di gudang dan toko Anda. Diantaranya adalah merekrut beberapa staf keamanan (security), memasang kamera CCTV pada setiap koridor di gudang dan toko Anda dan memasang kode password untuk masuk dan keluar gudang hanya bagi staf logistik yang mengelola stok.

 

3)      Berikan Kode SKU dan Barcode untuk Setiap Item

Pemberian kode Stock Keeping Unit (SKU) dan penggunaan sistem barcode scanner pada setiap barang sangat penting untuk memudahkan Anda dalam melacak stok barang yang disimpan di gudang. Hal ini juga memudahkan Anda dalam mencari dan menata barangnya, memastikan seluruh stok barang yang tercatat dengan baik sehingga dapat mengurangi resiko kehilangan inventaris.

 

4)      Pantaulah Tingkat Persediaan Stok

Penyusutan inventaris dapat diatasi dengan cara memantau tingkat persediaan stok secara berkala dan menentukan batas minimum stok Anda setiap waktu. Jika tingkat persediaan stok melewati batas minimum, maka dilakukan pemesanan dan pengecekan ulang atas stok yang selisih. Hal ini sangat penting bagi Anda untuk melakukan peramalan (forecasting) jumlah persediaan barang.

 

5)      Optimalkan Proses Audit Inventaris Secara Berkala

Proses audit inventaris menjadi lebih optimal jika Anda ingin secara rutin membandingkan dan menyamakan jumlah stok yang Anda miliki di gudang atau toko dengan jumlah yang tercatat pada sistem POS.



6       Otomatiskan Manajemen Persediaan

Pengecekan stok barang bisa dilakukan dengan cara terbaik, yaitu software manajemen inventaris. Software ini disebut sebagai sistem POS ini mempermudah Anda dalam memonitor tingkat persediaan, mengontrol pengadaan barang, mempercepat pemesanan barang kepada supplier dan membuat laporan inventaris stok. Jika sistem ini terintegrasi dengan barcode, maka hal ini akan mempercepat proses pencarian dan pelacakan barang.

 

Berikut beberapa tips diatas akan membantu memaksimalkan pendapatan melalui Sistem POS, Leukeun POS merupakan salah satu software yang dapat memudahkan proses pengeloaan persedian penjualan anda dengan cepat,tepat dan akurat. Informasi lebih lanjut kunjungi website kami di:www.Leukeun.com