5 Skill yang Harus dimiliki Akuntan pada saat kerja dirumah

Wabah virus corona yang dari hari ke hari semakin membahayakan serta begitu cepat penyebarannya membuat Presiden Indonesia Joko Widodo menginstruksikan segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona dan penyakit Covid-19.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Tetapi dalam aktivitas kehidupan saat ini kita seolah tidak bisa dipisahkan dari informasi teknologi. Perkembangan teknologi informasi ini banyak membawa manfaat yang besar di bidang pendidikan, industri, jasa, dan perdagangan. Sebuah perusahaan yang mengabaikan perkembangan teknologi ini akan menjadikannya semakin tertinggal dan bisa terancam ambruk.

Salah satu jenis kemajuan teknologi yang banyak dimanfaatkan adalah software akuntansi. Hal ini karena akuntansi sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, tidak ada usaha yang tidak membutuhkan laporan keuangan. Terlebih lagi dengan mengaplikasikan software akuntansi, perusahaan akan mendapatkan banyak manfaat seperti meningkatnya efisiensi waktu, menekan resiko terjadinya kecurangan, dan laporan dapat tersaji secara cepat dan akurat.

Namun pemanfaatan software akuntansi ini tidak hanya untuk mendukung perkembangan perusahaan semata, namun juga, bagi personel yang terlibat didalamnya salah satunya staff akuntansi itu sendiri. Berikut kami rangkum beberapa skil staff akuntansi pada saat WFH:

1)      Menguasai Teknologi

Teknologi tidak hanya mengubah setiap fungsi pekerjaan. Teknologi itu sendiri berubah dengan cepat. Alih-alih mengharapkan menggunakan alat yang sama untuk dekade berikutnya.

Akuntan saat ini harus siap menggunakan teknologi baru setiap tahun ini tidak hanya membutuhkan pemahaman dasar teknologi itu sendiri, tetapi budidaya fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi yang sedang berlangsung dan skill akuntansi mu akan  berkembang disini.

2)      Kreativitas

Mungkin dulu hanya sedikit yang menginginkan akuntan “kreatif”. Namun di era ketika bisnis harus dengan cepat mengidentifikasi peluang sekaligus mengurangi risiko.

Akuntan yang dapat menggabungkan kreativitas dengan pemahaman mendalam tentang kemampuan keuangan perusahaan tentunya akan dapat memecahkan masalah keuangan dan non-keuangan yang kompleks lebih cepat dengan biaya yang lebih efektif.

3)      Komunikasi yang Mumpuni

Akuntan harus mulai mengasah skill komunikasi yang kuat, kemampuan untuk berpikir secara kritis dan menerjemahkan pemikiran tersebut ke dalam dokumen yang yang mudah dimengerti. Mereka juga akan membutuhkan skill komunikasi lisan yang kuat. Seperti kemampuan untuk menyampaikan informasi keuangan terkait kepada tim eksekutif dan para pemangku kepentingan.

 

4)     Memiliki Pemahaman Bisnis

Berkontribusi pada bisnis dalam tingkat strategis membutuhkan lebih dari sekedar pemahaman tentang angka-angka. Akuntan juga perlu memahami bisnis secara keseluruhan. Kemampuan untuk memberikan masukan kepada direksi membutuhkan gambaran secara menyeluruh tentang bagaimana masing-masing area fungsional bekerja dengan cara terbaik untuk memperoleh hasil terbaik

 

5)      Analisis data

Dalam fungsi keuangan, tugas utama akuntan adalah menyediakan data laporan keuangan pada dewan direksi dengan data historis yang bisa digunakan dalam pengambilan keputusan. Namun sekarang berbeda, perusahaan juga berharap memiliki akses ke data prediktif.

saat ini, akuntan membutuhkan pengetahuan tentang cara mengubah Big Data dalam aktifitas akuntansi menjadi informasi ringkas yang bisa dijadikan dalam pengambilan keputusan bisnis. Banyak perusahaan besar yang sudah  sudah mempekerjakan Akuntan dan data scientist untuk posisi inti dalam.

 

work from home bisa dilakukan dengan efektif apabila baik perusahaan maupun karyawan sama-sama menjalaninya dengan bertanggung jawab. Kedua belah pihak harus lebih paham mengenai kondisi yang terjadi, sambil sebisa mungkin memberikan performa terbaik, meski sedang bekerja di tempat yang berbeda-beda, Jangan lupa untuk maksimalkan komunikasi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Manfaatkanlah teknologi dengan baik

selamat bekerja dari rumah dan selamat menyelesaikan tanggung jawab Anda. Mari menjaga Indonesia dan berdoa bersama agar wabah COVID-19 bisa segera berakhir sehingga semua aktivitas bisnis normal kembali.