5 strategi yang bisa diterapkan dalam bisnis UMKM

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Praktik digital marketing memiliki hubungan yang erat dengan dunia bisnis. Para pelaku usaha menggunakan cara pemasaran digital sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan. Hal ini didasari oleh perilaku masyarakat yang sudah bergantung dengan penggunaan teknologi digital.

 

 Kemudahan dalam mengakses platform digital menjadi sebuah peluang bagi pelaku usaha, tidak terkecuali untuk usaha, mikro, kecil dan menengah. UMKM bisa memasarkan produknya melalui platform digital sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing sekaligus meningkatkan penjualan. Berikut 5 strategi yang bisa diterapkan dalam bisnis UMKM :

 

1)      Ciptakan Produk yang Unik

Sebelum melakukan promosi, terlebih dahulu kamu harus menyiapkan produk yang unik dibanding produk yang dimiliki kompetitor.

 

Menciptakan produk yang unik akan membantu kamu dalam memenangi persaingan pasar dan membuat konsumen loyal menggunakan produk kamu. Bukan hanya itu, produk yang unik juga akan membuat iklan kamu semakin menarik.

 

2)      Buat Tujuan Iklan yang Jelas

Setelah membuat produk yang unik, langkah selanjutnya yaitu membuat tujuan iklan yang jelas. Dengan tujuan yang jelas, akan mempermudah kamu untuk mencapai tujuan iklan.

 

Misalnya kamu memiliki UMKM kuliner, tujuan iklan yang ingin kamu capai yaitu memperkenalkan produk (varian rasa) terbaru kepada konsumen. Sehingga saat membuat iklan, kamu hanya terfokus pada satu tujuan tersebut.

 

3)      Lakukan Online Marketing

Mempunyai UMKM yang sukses dan dikenal oleh banyak orang, menjadi impian setiap pemilik UMKM. Pemasaran secara online atau biasa dikenal dengan “Online Marketing” merupakan salah satu strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan UMKM kamu.

 

Online marketing akan membantu kamu untuk mendapatkan pelanggan yang potensial, menjadi nomor 1 di Google, dan dikenal banyak orang.

 

Ada beberapa strategi online marketing yang bisa kamu lakukan, seperti content marketing, social media marketing, Google Ads, atau video marketing.

 

4)      Buat Promo Menarik

Membuat promo menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Mereka akan mudah tertarik ketika mendengar istilah “promo”.

 

Promo dapat berupa potongan harga, kupon hadiah, cashback, atau promo lainnya. Kamu dapat membuat promo di hari-hari atau momen penting, seperti libur akhir/awal tahun, lebaran idul fitri, hari raya natal, atau hari raya imlek.

 

 

5)      Konsisten

Strategi pemasaran bisnis UMKM kamu yang terakhir yaitu konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran yang kamu gunakan, dimana tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap UMKM kamu.

 

Misalnya ketika kamu menggunakan strategi “content marketing” untuk mempromosikan UMKM kamu, maka tetap konsisten untuk membuat berbagai konten dan terus lakukan evaluasi untuk menghasilkan konten yang berkualitas.

 

Demikian 5 strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan untuk membuat UMKM kamu terus berkembang, Semoga bermanfaat.