FUNGSI POINT OF SALES UNTUK BISNIS

Di era digital seperti saat ini banyak sekali konsumen yang memilih berbagai macam transaksi termasuk dalam hal pembayaran. Misalnya ketika anda datang ke sebuah restoran cenderung harus bertransaksi terlebih dahulu baru semua transaksi itu dihitung dengan menggunakan bantuan alat hitung manual seperti kalkulator. Namun dengan adanya teknologi yang semakin berkembang, tentu proses transaksi akan semakin mudah berkat sistem aplikasi kasir,yang biasa di sebut juga Point of Sales (POS). POS sendiri merupakan sistem yang bermanfaat untuk membantu dalam transaksi penjualan baik itu di bidang usaha ritel restoran, atau kafe. Umumnya POS ini terdiri dari satu perangkat komputer dan juga mesin kasir. Namun saat ini karena perkembangan sistem point of sales yang semakin canggih sistem bisa dioperasikan hanya dengan menggunakan tablet. 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

Lalu apa saja fungsi dari Point of Sales tersebut ??

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari aplikasi point of sales yang penting untuk kemajuan bisnis dan perlu untuk Anda perhatikan


SEMUA TRANSAKSI TERDATA SECARA LENGKAP

Fungsi pertama adalah sistem ini adalah untuk menampilkan semua data transaksi secara lengkap karena semua transaksinya tersimpan di dalam sebuah database sistem.  Dengan fungsi ini Anda akan mudah menemukan kemudian menampilkan data transaksi pada saat itu atau menampilkan data transaksi pada periode tertentu. Tidak hanya itu saja, dengan semua data transaksi tersebut Anda bisa menjumlahkan hasil penjualan pada saat itu, satu bulan, atau beberapa bulan sekaligus.


MENGONTROL PERSEDIAAN BARANG

Pengecekan barang ini sangat penting karena untuk mengontrol apakah ada kecurangan atau kelalaian dari Anda atau karyawan Anda. Berbeda dengan pengecekan sistem manual dimana semua data yang disajikan bisa tidak valid karena bisa diubah oleh karyawan yang tidak jujur. Namun jika menggunakan sistem yang sudah terintegrasi maka sulit untuk melakukan kecurangan tersebut. 


LAPORAN PENJUALAN SECARA OTOMATIS

Fungsi dari Point of Sales selanjutnya adalah membuat laporan penjualan secara otomatis yang bisa dilakukan secara online dan laporan penjualan yang ditampilkan merupakan real-time atau nyata yang mana menampilkan hasil penjualan yang sesungguhnya, anda pun bisa mengontrol laporan penjualan dimanapun dan kapanpun anda inginkan. Jika tidak menggunakan POS besar kemungkinan bahwa laporan penjualan tersebut tidak valid akibat error yang terjadi.

 

MEMPERSINGKAT PROSES TRANSAKSI

Dengan menggunakan sistem Point of Sales, akan membuat proses transaksi lebih singkat. Bayangkan saja jika Anda masih menggunakan sistem manual, berapa lama waktu yang harus digunakan untuk melayani satu orang saja. Yang harus diperhatikan adalah performa dan kecepatan bisnis dalam melayani konsumen banyak diperhitungkan. Hal itu dikarenakan banyak yang tidak mau menunggu dan membuang waktu yang lama hanya untuk menghitung semua proses transaksi yang dilakukan.


GUNAKAN LEUKEUN POS

Dari semua fungsi fungsi tersebut, Leukeun POS jadi solusi yang tepat untuk anda para pelaku bisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya. Leukeun POS memberikan semua yang anda butuhkan dalam menjalankan bisnis, mulai dari informasi stok barang, laporan transaksi yang real time, dan efisiensi waktu yang diberikan setiap ada transaksi, kemudahan ini bisa anda dapatkan di Leukeun POS.