Kegunaan POS dalam Bisnis Retail

Sistem Point of Sales atau POS adalah sistem yang sudah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis di Indonesia. Mulai dari bisnis kecil hingga menengah, baik yang berupa toko fisik maupun toko online. POS system memang program yang didesain untuk mengelola setiap proses transaksi pada meja kasir atau checkout barang. Sehingga hampir semua jenis usaha barang bisa menggunakan program ini.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Dan jika Anda mengira bahwa fungsinya sama seperti mesin kasir, maka sebenarnya pemikiran tersebut tidak sepenuhnya salah. Hanya saja kegunaan sistem ini bisa lebih banyak dari itu, mulai dari menghitung proses transaksi hingga penghitungan laporan dan profit usaha. Oleh karena itu sebaiknya Anda membaca dulu ulasan di bawah ini seputar kegunaan POS system Indonesia untuk mengetahui lebih dalam seputar sistem ini.

Dalam Arikel ini kami akan membahas kegunaan Software POS dalam Bisnis Retail :

1)      Menyediakan laporan penjualan yang lengkap dan akurat

Sistem POS memungkinkan Anda menghasilkan laporan penjualan yang lengkap dan akurat. Laporan sales yang dihasilkan meliputi; jumlah produk yang terjual, produk yang paling laris, keuntungan penjualan, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat menghilangkan human error yang biasanya terjadi ketika memasukkan data penjualan, sehingga data yang dihasilkan benar-benar akurat.

2)      Memudahkan dan mempercepat proses refund

Sistem POS yang canggih memungkinkan proses pengembalian barang yang cepat. Ketika ada pelanggan yang membatalkan pembelian produk, penjual bisa memprosesnya melalui sistem POS hanya dengan beberapa klik. Jumlah persediaan yang tadinya berkurang akan bertambah lagi secara otomatis.

3)      Meningkatkan layanan yang lebih baik untuk pelanggan

Melalui sistem POS, retailer dapat menyediakan customer experience yang lebih baik. Staf toko dapat mencarikan produk yang diinginkan oleh pelanggannya hanya dalam hitungan detik. Sistem ini bahkan memungkinkan penjual untuk membuat kios self-service untuk pelanggannya, sehingga mereka dapat mencari barang yang mereka inginkan sendiri.

4)      Mengoptimalkan keamanan data pelanggan

Informasi kartu kredit pelanggan dan harus disimpan secara aman. Cloud POS memastikan seluruh data pelanggan tersimpan dengan baik dan aman. Seluruh data disimpan di dalam Cloud, bukan di sistem komputer, sehingga menghilangkan risiko kehilangan data akibat virus atau sistem yang rusak.

Dengan menggunakan sistem POS berbasis Cloud, Anda juga dapat menjalankan bisnis Anda secara offline. Seluruh transaksi tetap bisa berjalan tanpa ada kekhawatiran akan data yang hilang. Seluruh data transaksi akan disimpan dan disinkronisasi ketika sistem Anda terhubung lagi dengan internet.

Secara umum, penggunaan software POS sangat memiliki keguanaan yang banyak sekali. Dan tentunya ini akan memudahkan kerja Anda khususnya untuk jenis usaha yang memang dikelola sendiri.

Penggunaan perangkat seperti ini untuk sisi konsumen juga akan semakin menambah kepercayaan dan kredibilitas terhadap usaha Anda.Mudahkan selalu Bisnis anda Bersama Leukeun POS.