Leukeun POS Solusi UntukPeningkatan Bisnis Retail

 Diera perkembangan saat ini Siapa bilang kalau berurusan dengan teknologi akan semakin merepotkan? Justru sebaliknya, teknologi diciptakan untuk menyederhanakan banyak hal termasuk manajemen bisnis ritel.semua orang sudah tidak asing lagi dengan smartphone bahkan tablet. Sehingga tidak mengherankan jika semua kalangan, dari yang tua hingga balita, mampu mengoperasikan perangkat tersebut.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Sistem point of sale atau sistem POS masa kini hanya butuh satu perangkat pintar seperti smartphone atau tablet dan jaringan internet. Tidak butuh banyak alat untuk dapat dioperasikan oleh orang yang belum pernah memegang gadget sekali pun. Tampilan sistem POS juga lebih sederhana dan lebih menarik. Dengan jumlah tombol yang sedikit, para pebisnis akan cepat terbiasa mengoperasikan perangkat. Sistem yang kini mulai marak digunakan para pebisnis, system ini memang didesain untuk dapat digunakan oleh semua golongan bisnis.

POS tidak serumit software atau aplikasi lainnya sehingga Anda sebagai pebisnis bisa menggunakannya dengan mudah. POS pun dipercaya bisa meningkatkan penjualan di bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh aplikasi POS Indonesia untuk bisa meningkatkan penjualan:

1)      Laporan pencatatan secara manual

POS akan membuat penulisan dan pencatatan manual akan ditinggalkan. Karyawan Anda tidak perlu bingung lagi menulis laporan atau menu yang dipesan oleh pelanggan, sehingga karyawan Anda hanya akan berfokus pada pelayanan pelanggan saja supaya mereka puas dengan layanan yang diberikan. Semakin banyak pelanggan yang puas tentu penjualan akan semakin meningkat. Bisnis yang masih berkutat dengan pencatatan manual ada baiknya mulai diubah dengan menggunakan software POS ini karena berisiko mengalami kesalahan akibat human error, selain itu pelayanan kepada pelanggan menjadi tidak fokus dimana menyebabkan mereka akan kecewa.

 

2)      Pencatatan Pesanan dan Pembayaran yang Akurat

System POS dalam meningkatkan penjualan adalah dengan mencatat pesanan dan juga pembayaran secara akurat.  Pelanggan mungkin menginginkan minuman dingin dengan es yang sedikit dikurangi atau tidak menginginkan sayuran di dalamnya, dengan menggunakan POS tersebut Anda sebagai pebisnis bisa mencatat pesanan secara akurat. Kesalahan pesanan hanya akan membuat konsumen kecewa dengan pelayanan yang diberikan karena mereka harus menunggu lama untuk pesanan yang salah tersebut. Selain itu kesalahan dalam pembayaran juga akan menyebabkan konsumen menjadi bad mood karena harus membayar jumlah yang tidak seharusnya.

 

3)      Mempercepat Transaksi

System POS juga dapat meningkatkan penjualan maupun pelayanan dengan mempercepat waktu transaksi. Mungkin Anda pernah mengantre lama hanya demi membayar pesanan yang jumlahnya tidak banyak, tentu hal ini akan sangat mengesalkan sekali. Bayangkan jika bisnis yang Anda jalankan performanya masih seperti itu, tentu saja hal ini akan membuat banyak konsumen atau pelanggan menjadi tidak sabaran, kemudian memutuskan pindah di tempat lainnya.

 

4)      Fitur Pemisahan Pembayaran

Untuk bisa meningkatkan penjualan aplikasi POS memiliki fitur pemisahan pembayaran. Tidak jarang ada pelanggan yang meminta pembayarannya untuk dipisah dikarenakan hanya di titipi barang atau makanan oleh teman atau saudaranya. Jika sistem yang Anda gunakan tidak mendukung adanya pemisahan tentu hal ini akan menyebabkan konsumen kecewa karena keinginannya tidak bisa dipenuhi. Selain itu meski dipisah sistem POS ini akan tetap bisa memproses pembayaran dengan tepat dan cepat.

 

5)      Analisis Otomatis

Yang membedakan POS dengan kasir konvensional adalah aplikasi POS ini mampu menyediakan data real time untuk bisa menganalisis data yang tepat dan akurat. Dengan data ini bisnis Anda bisa meningkatkan produktivitas dan melakukan pengecekan inventaris. Berkat analisis tersebut Anda sebagai pebisnis bisa mengambil keputusan dengan tepat bagian mana saja yang perlu ditingkatkan pelayanannya untuk bisa meningkatkan penjualan. Analisis yang lambat hanya akan membuat performa bisnis menjadi menurun dibarengi dengan penurunan pendapatan.

Akan sangat disayangkan sekali jika bisnis anda belum menggunakan system POS karena bisnis yang lambat akan terkalahkan dengan bisnis yang memiliki pelayanan maupun performa cepat dimana untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan teknologi dan software yang canggih seperti dalam sebuah bisnis.

Leukeun  menawarkan database laporan yang lengkap tentang bagaimana penjualan di dalam bisnis Anda, hingga kinerja dari inventori barang – barang yang Anda miliki. Data pelaporan yang diberikan oleh Leukeun sangat aman dan tersimpan dengan baik, semua data di simpan di dalam satu tempat. Dan dapat Anda akses kapanpun dimanapun Anda berada. Untuk informasi lebih lanjut Kunjungi website kami di www.leukeun.com