Pahami Penggunaan Software Akuntansi Dalam Bisnis Retail

Perusahaan retail atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan usaha eceran merupakan sistem pemasaran atau penjualan produk di mana transaksi penjualannya dilakukan langsung ke konsumen.

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Usaha retail saat ini sangat berbeda jauh dari usaha retail dekade yang lalu. Di mana saaat pembeli memiliki pilihan tak terbatas sehingga meningkatkan persaingan yang ada antar toko retail. Sementara saat ini, pengusaha berusaha untuk lebih spesifik mengetahui kebutuhan pembeli dan berusaha untuk memenuhinya. Perusahaan retial saat ini tidak hanya fokus pada penjualan saja, melainkan juga mengetahui kebiasaan para pelanggannya.

Peran software akuntansi untuk perusahaan ritel memang dapat dibilang cukup besar. Tak mengherankan, jika anda memiliki usaha di bidang retail, maka tak ada salahnya untuk mulai menggunakan software akuntansi untuk memudahkan setiap pekerjaan anda. Bisnis anda akan semakin lancar dengan menggunakan teknologi software ini.

Berikut Kali ini kami Rangkum Manfaat Penggunaan Software Akuntansi Dalam Bisnis Retail:

1)      Memudahkan Anda dalam Mengelola Biaya-Biaya

Keuntungan menggunakan software akuntansi adalah memudahkan Anda dalam mengelola biaya-biaya. Karena software akuntansi terbaru juga menawarkan fitur pengelolaan berbagai jenis biaya yang terbebankan kepada UKM Anda.

Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur kategori biaya-biaya harian, mingguan/ bulanan yang perlu Anda bayarkan secara rutin. Sehingga, Anda tidak akan lupa kapan waktunya untuk membayar masing-masing tagihan biaya tersebut.

2)      Menghemat Waktu

segala pencatatan transaksi bisnis UKM Anda akan diproses secara cepat dan tepat. Mulai dari input transaksi, melacak faktur, hingga pembuatan laporan arus kas, laba-rugi, dll, bisa dilakukan secara otomatis.

Bahkan, fitur software akuntansi saat ini sangatlah canggih. Software ini juga mampu merevisi kesalahan pencatatan yang dilakukan admin. Segala pembayaran hutang piutang pun bisa diselesaikan secara cepat lewat transaksi antar bank online yang telah terintegrasi dengan software akuntansi Anda

3)      Pembuatan Laporan Keuangan Secara Otomatis

Namanya juga software akuntansi. Semuanya dikerjakan serba otomatis dan tanpa manual lagi. Termasuk dalam membuat laporan akuntansi. Anda tidak perlu repot-repot lagi dalam membuat laporan keuangan secara manual.

Karena semuanya bisa dilakukan secara otomatis oleh software akuntansi, termasuk dalam membuat laporan akuntansi yang detail dan lengkap. Mulai dari laporan neraca, laba rugi, arus kas, perubahan modal, dll.

 

 

4)      Manajemen Stok Persediaan

Dengan software akuntansi, semua persediaan barang bisa tercatat secara detail dan rapi. Datanya juga akan selalu ter-update secara otomatis setiap Anda melakukan transaksi penjualan Jadi anda Tidak Perlu Bolak-Balik untuk Mengecek persediaan Barang secara Manual.

Bahkan, Anda bisa mengecek jenis produk apa yang paling laris dari usaha Anda dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.

 

5)      Terintegrasi Aplikasi Kasir

Ini yang paling terbaru nih! Kebanyakan software akuntansi sekarang ini sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi kasir/ Point of Sales (POS) ternama. Jadi, data penjualan Anda di aplikasi kasir bisa langsung diproses menjadi laporan keuangan secara real time oleh software akuntansi.

Dengan adanya integrasi ini, Anda tidak perlu kerja 2x untuk rekap penjualan dan menghasilkan laporan penjualan. Karena data transaksi Anda di aplikasi kasir bisa langsung ditransfer ke software akuntansi, lalu diproses secara otomatis menjadi laporan akuntansi yang lengkap dan detail. Mulai dari laporan omzet, laba-rugi, arus kas, dll.

 

Nah Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaan software akuntansi untuk perkembangan Bisnis Anda. Jadi, sudah saatnya untuk menyisihkan sebagian keuntungan perusahaan Anda lalu mulailah berinvestasi dengan menggunakan System aplikasi Leukeun accounting. Mudahkan Segala urusan Bisnis Anda Bersama Leukeun Accounting. Informasi Lebih lanjut Kunjungi website kami WWW.Leukeun.com