Tips Cerdas Dalam Mengatur Gaji Bulanan

 Setiap bulan, orang yang bekerja pasti mendapatkan gaji. Salah satunya bila Anda seorang karyawan. Tapi untuk cara mengatur gaji bulanan dengan cerdas, banyak yang kurang tahu sehingga selalu menghambur-hamburkan uang ke yang tidak terlalu penting. Terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga, jangan sampai uang gaji Anda digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Gunakan gaji kerja Anda dengan baik untuk menghasilkan yang baik pula.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Cara mengatur gaji bulanan dengan cerdas setiap orang tentunya berbeda-beda. Paling tidak disesuaikan dengan kondisi perekonomiannya seperti apa. Bagi orang yang sudah berkeluarga ataupun orang yang masih sendiri, juga berbeda mengatur keuangan tiap bulannya. Tapi dari perbedaan tersebut, pasti ada beberapa kesamaan yang bisa disatukan untuk bisa mengatur gaji bulanan tersebut dengan cara yang sama.

Mulai dari sekarang Anda harus cerdas dalam mengelola gaji anda. Berikut kami rangkum Tips Cerdas dalam mengatur gaji Bulanan Anda:

1)      Buat Budget Bulanan.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah buat budget yang sudah pasti terlebih dahulu, seperti tagihan listrik,  tagihan air,  tagihan internet dan Televisi,  belanja bahan dapur,  transportasi, dan sebagainya, segala pengeluaran yang pasti dalam setiap bulannya.

2)      Lunasi Hutang Dan Cicilan

Segera lunasi segala tagihan dan cicilan yang belum dibayar setelah menerima gaji. Ini dapat membantu perhitungan anggaran jangka panjang Anda. Jika Anda tidak dapat melunasi hutang dalam waktu singkat, lakukan analisa, dan hitung berapa kali pembayaran lagi hingga hutang tersebut lunas.

3)      Catat Setiap Dana Yang Anda Pakai

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan ini, cukup luangkan waktu Anda sekitar 15 menit sehari di malam hari untuk mencatat semua pengeluaran di hari tersebut. Bila Anda belanja di modern market, jangan buang struk belanjanya, ini dapat membantu Anda menghitung pengeluaran di hari itu.

4)      Bandingkan Pengeluaran Anda Dengan Budget Bulanan

Di akhir bulan, analisa pengeluaran Anda dengan bugdet bulanan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai atau lebih dari budget bulanan Anda. Jika anggaran bulanan berbeda dari kenyataan, maka Anda perlu melakukan revisi.

Anda juga perlu membandingkan antara pengeluaran bulan pertama, kedua, dan ketiga, agar mengetahui apakah pengeluaran Anda setiap bulan konsisten atau berubah-ubah.

5)      Cari Penghasilan Sampingan

Tidak dapat dipungkiri, semakin hari harga-harga barang dan makanan dipasaran terus naik. Harga naik, belum tentu gaji Anda per bulan juga naik bukan? Maka dari itu, ada baiknya jika Anda mencari penghasilan sampingan, seperti berjualan online misalnya. Jadi, Anda akan bekerja dari Senin sampai Jumat, kemudian Sabtu dan Minggu Anda bisa berbisnis.

Semakin sering Anda melakukan kebiasaan keuangan seperti tips yang telah dijelaskan sebelumnya dan menjadikan kebiasaan tersebut dalam kehidupan, maka akan memudahkan Anda untuk mengatur uang Anda dan kehidupan keuangan Anda semakin sehat.

Mulailah merencanakan keuangan Anda dengan sehat, maka Anda pun akan memiliki tujuan keuangan yang jelas dan Anda pun akan memiliki kebebasan keuangan yang di idam-idamkan oleh orang banyak.