4 Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Memanfaatkan Gaji Pertama

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Mendapat gaji pertama tentu membuatmu senang dan ingin segera membeli semua hal yang diinginkan. Rasa lelah seusai bekerja keras terbayarkan semua. Tapi ingat, jangan terburu-buru menghabiskan gaji pertama untuk membeli barang-barang yang kamu suka. 

Ada baiknya kamu menggunakan gaji pertama ini dengan sebaik mungkin dengan membaginya ke beberapa pos anggaran seperti untuk menabung, investasi, dan rencana keuangan jangka panjang lainnya. Yuk, simak bagaimana menggunakan gaji pertama ini dengan bijak!


1) Buat Anggaran untuk Keperluan Bulanan

Setelah memperoleh gaji pertama tentu saja kamu harus mulai mencoba membuat anggaran untuk keperluan bulanan, dilansir dari Simple. Misalnya, kamu saat ini tidak tinggal dengan orang tua dan harus membayar kos. Maka buatlah anggaran untuk pembayaran kos tiap bulannya.


Selain itu, anggarkan pula berapa biaya untuk makan, transportasi, dan keperluan lainnya. Kemudian, jika kamu sudah memiliki tagihan, segeralah dibayar agar tidak lupa. Intinya, dengan membuat anggaran bulanan maka kamu akan lebih mudah untuk mengatur uang.


Selain itu, kamu juga bisa tahu apa saja hal yang perlu diprioritaskan. Catat semua pemasukan dan pengeluaranmu setiap hari. Dengan begitu kamu bisa tahu ke mana perginya uangmu.


Misalnya, kamu akan tahu apakah biaya makan dan transportasi menghabiskan banyak anggaran atau uangmu hanya terkuras karena keseringan belanja saja. Saat ini juga sudah banyak aplikasi keuangan yang bisa kamu manfaatkan untuk mencatat pengeluaran dan mengatur masalah finansialmu.


2) Buat Tabungan untuk Jangka Panjang

Tabungan untuk jangka panjang haruslah dimiliki oleh setiap orang. Itulah mengapa saat kamu baru pertama mendapatkan gaji, jangan lupa untuk segera membuat tabungan. setelah mendapatkan gaji pertama adalah waktu terbaik untuk mulai menabung jangka panjang.


Tabungan tersebut bisa digunakan sebagai dana pensiun atau tabungan masa depan yang pastinya akan sangat berguna untukmu. Sayangnya kini cukup banyak anak muda yang menyepelekan pentingnya menabung dan lebih suka menghamburkan uangnya untuk kebutuhan gaya hidup.


Agar tidak menyesal di kemudian hari, cobalah tabungkan uangmu sedikit demi sedikit. Misalnya dengan menyisihkan 10% dari gaji untuk ditabung tiap bulannya. Pastinya kamu tidak akan menyesali keputusan ini.



3) Berikan Reward untuk Dirimu Sendiri

Mendapatkan gaji pertama pastinya akan menjadi salah satu pengalaman yang sulit dilupakan. Pasalnya, gaji pertama ini menjadi tanda bahwa kamu sudah bekerja keras demi mendapatkannya. Dunia kerja bukanlah hal yang mudah dihadapi, tapi kamu berhasil mendapatkan pekerjaan dan akhirnya mendapatkan gaji pertama. Apresiasi perjuanganmu dengan membeli hadiah untuk diri sendiri.


The Balance menyebutkan bahwa menghadiahi diri sendiri sangat perlu dilakukan karena telah bekerja keras menyelesaikan kuliah dan akhirnya mendapatkan gaji pertama di tempat kerja. Selain rasa bahagia, pasti kamu juga akan merasa bangga saat mendapatkan gaji pertama. Jadi, kamu boleh memberikan hadiah untuk dirimu sendiri.


Misalnya, kamu membeli barang yang selama ini kamu incar. Selain itu, traktir orang tua dan sahabat yang selama ini mendukungmu semasa kuliah hingga akhirnya bisa bekerja. Namun, ingat ya jangan sampai kelewat batas saat memberikan reward pada diri sendiri.


4) Berbagi ke Orang yang Membutuhkan

Meskipun kamu merasa sangat bahagia dan ingin membeli apa pun karena sudah mendapatkan gaji pertama, tapi sebaiknya jangan lupakan untuk berbagi. Misal, kamu bisa memberikan zakat kepada anak yatim piatu yang kamu kenal.


Jika tidak ingin repot, kamu juga bisa langsung membayarkan zakat penghasilan lewat lembaga zakat yang terpercaya. Kebahagiaanmu saat mendapatkan gaji pertama pasti akan menjadi berkali lipat karena juga bisa memberikan kebahagiaan kepada orang lain.


Jadi, jangan sampai lupa untuk selalu berbagi kepada orang yang membutuhkan di tengah kebahagiaan kita ya.