5 Cara Menerapkan Skala Prioritas Dalam Pengelolaan Keuangan

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Skala prioritas merupakan pemilahan kebutuhan yang diurutkan sesuai dengan tingkat kebutuhan dan mana yang harus didahulukan. Tujuan utama dari penerapan skala prioritas dalam keuangan adalah agar Anda tidak berada dalam pola hidup konsumtif.

Skala prioritas juga membantu menghindarkan Anda dari pengeluaran yang tidak perlu. Penerapan skala prioritas yang benar ternyata bisa membantu Anda siap dalam menghadapi masa depan. Lalu bagaimana cara membuatnya?

 

Anda hanya perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini untuk bisa menyusun skala prioritas:

 

1)      Tempat yang Tepat

Belanjalah di tempat yang situasi dan kondisinya sudah kita kenali, salah satunya kita tahu tempat yang menawarkan harga yang rendah atau murah.

 

2)      Waktu yang Tepat

Usahakan belanja saat harga-harga di pasaran sedang turun. Biasanya terjadi pada weekend atau menjelang hari raya tertentu karena kebanyakan akan memberikan diskon.

 

3)      Harga yang Tepat

Lakukanlah survey harga sebelum memutuskan untuk membeli barang dan jasa. Ingat, jangan pernah berbelanja barang dan jasa yang baru dilihat bahkan belum diketahui berapa harga pasarannya.

 

4)      Mutu yang Tepat

Dalam hal ini adalah kita harus memilah kualitas dari barang dan jasa, jangan sampai membeli barang dengan harga mahal tapi mutunya rendah.

 

5)      Jumlah yang Tepat

Ini juga merupakan hal yang penting, belanjalah sesuai keperluan bukan belanja sesuai keinginan. Jangan pernah berbelanja melebihi jumlah yang diperlukan.

 

Itulah beberapa hal yang dapat Anda pelajari dalam memilih dan menyusun skala prioritas. Anda dapat mengatur skala prioritas keuangan dengan melihat kondisi keuangan perusahaan. Untuk membantu Anda dalam mengatur skala prioritas keuangan Leukeun hadir sebagai alternatif.

 

Leukeun adalah software akuntansi yang dapat membantu Anda menyajikan kondisi keuangan secara realtime. Dengan begitu, secara otomatis Anda dapat dengan mudah menerapkan skala prioritas keuangan dalam perusahaan menggunakan online invoice.