5 Teknik Yang Bisa Diterapkan Untuk Mendelegasikan Sebuah Tugas


Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Delegasi adalah salah satu kunci utama untuk memaksimalkan produktivitas, sehingga hasil yang didapat akan lebih maksimal. Delegasi tentunya tidak dilakukan dengan sembarangan, karena delegasi kepada orang yang salah akan berakibat fatal.

Lalu bagaimana cara mendelegasikan pekerjaan dengan efisien dan tetap sesuai dengan standar yang ada? Berikut adalah tipsnya:

 

1.       Berikan Tugas dan Kepercayaan Sepenuhnya

Delegasi merupakan sebuah keputusan yang cukup berisiko. Namun, tanpa mengambil risiko, Anda tidak akan bisa memajukan perusahaan. Oleh karena itu, semua lini yang bekerja di sebuah perusahaan harus berkembang.

 

Melakukan delegasi merupakan salah satu caranya. Dengan mendelegasikan tugas, Anda akan memberikan karyawan tersebut rasa memiliki atas tempatnya bekerja. Oleh karena itu, berikanlah karyawan kepercayaan dan tugas secara sepenuhnya.

 

Hal ini akan memberikan karyawan kesempatan untuk berpikir kritis. Sehingga, nantinya mereka akan menghasilkan ide-ide cemerlang.

 

Mulai lah pendelegasian tugas-tugas kecil ke besar untuk meningkatkan kompetensi karyawan secara bertahap.

 

2.       Pilih Orang yang Sesuai

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, delegasi adalah sebuah keputusan yang cukup riskan. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar tepat dalam menunjuk siapa delegasi yang cocok akan tugas tertentu.

 

Pertimbangkan matang-matang, kepada siapa tugas tersebut akan didelegasikan. Caranya, Anda cukup mengamati kekuatan, kelemahan, dan keterampilan calon yang hendak dijadikan delegasi.

 

Dari pengamatan tersebut, barulah Anda menentukan siapa yang cocok untuk didelegasikan. Jangan lupa untuk berpikir beberapa kali sebelum memutuskan.

 

3.       Sesuai dengan Minat dan Bakat

Salah satu hal yang bisa menjadi perhitungan dalam mendelegasikan sebuah tugas adalah dengan mempertimbangkan minat dan bakat semua karyawan.

 

Hal ini, tentunya akan memberikan keuntungan kepada perusahaan di kemudian hari. Sebab, karyawan tersebut semakin tahu, bagaimana mereka bisa mengimplementasikan minat dan bakatnya di dalam lingkungan kerja.

 

4.       Berikan Instruksi dengan Jelas

Ini juga menjadi poin penting yang benar-benar harus diperhatikan. Memberikan instruksi yang jelas, merupakan kunci utama dalam mendelegasikan sesuatu. Salah-salah, Anda hanya akan menuai kegagalan dalam proses delegasi ini.

 

Jangan buat anggota tim Anda menebak-nebak. Sampaikan apa yang harus mereka lakukan dengan penjelasan yang dapat dimengerti karena semua ini bersangkutan dengan masa depan perusahaan.

 

Jangan sungkan untuk mengulang instruksi dan bertanya ke karyawan, apa mereka sudah mengerti penjelasan yang diberikan? Ini semua tentunya juga harus dilakukan tanpa adanya tekanan dari atasan kepada bawahan.

 

5.       Tetapkan Tenggat Waktu dan Evaluasi

Untuk memberikan urgensi kepada karyawan, Anda juga harus memberikan tenggat waktu. Jika tidak, karyawan akan menganggap enteng tugas yang diberikan.

 

Utarakan kapan tenggat waktu tersebut di awal ketika Anda memberikan instruksi kepada delegasi yang dipilih. Pastikan tenggat waktu yang diberikan juga masuk akal. Sehingga delegasi bisa benar-benar memaksimalkan tugasnya.

 

Pada akhir pengembanan tugas, Anda juga perlu melakukan evaluasi agari karyawan tahu apa saja kesalahan yang perlu diperbaiki dan kelebihan yang harus dipertahankan.