9 Manfaat Leukeun POS  yang dapat Mempermudah Usaha Bisnis

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Tahukah anda dengan istilah Point of Sales atau POS. Pos System sudah menjadi bagian penting dalam operasional berbagai usaha. Jika diartikan secara harfiah, Point of Sales (POS) mempunyai arti titik penjualan di mana transaksi antara penjual dan pelanggan terjadi. Biasanya POS dapat ditemukan di meja kasir sehingga sistem ini sering juga disebut mesin kasir.


Poin of Sales merupakan sistem kasir yang sudah terintegrasi dengan baik dan dilengkapi dengan software atau aplikasi khusus untuk mencatat semua laporan transaksi penjualan, iventori produk hingga retur barang akan tercatat data-datanya secara terintegrasi. Namun, tak hanya itu saja POS sistem juga memiliki beberapa manfaat lain yaitu :

1) Memudahkan untuk mengakses data. 

Dengan adanya POS pada iOS atau android Anda, akan memudahkan Anda untuk mengakses data Anda di mana saja dan kapan saja. Dengan koneksi internet, Anda dapat melihat jumlah inventaris, persentase penggunaan tenaga kerja, laporan produktivitas, dan laporan total harian Anda dari jarak jauh dan realtime. Bahkan saat Anda liburanpun, Anda masih dapat memantau bisnis Anda dengan mudah.


2) Mengembangkan pemasaran. 

Point of sale yang kualitas tinggi tidak hanya sekedar memindai barang atau mengakses data saja. Tetapi aplikasi kasir yang baik juga dapat memberikan data pada bisnis Anda untuk tumbuh dan memaksimalkan keuntungan. Semua pembelian dilacak dan dicatat, ini berarti setiap yang dilakukan oleh pelanggan tersedia untuk dilihat, termasuk pembelian secara online dan langsung. Pebisnis dapat melacak produk dan layanan mereka yangg sukses dan menciptakan pemasaran bertarget yang berdasarkan pada demografi, konsemuen, behaviour, dan sebagainya.


3) Meningkatkan kualitas pelayanan.

Penggunaan sistem POS memungkinakn Anda meningkatkan pelayanan. Karena proses transaksi yang dilakukan cenderung lebih cepat dan custemer tidak perlu antri berlama-lama. Sehingga hal ini cukup memuaskan konsumen.


4) Pilihan ragam pembayaran.

Sistem POS biasanya juga memiliki pilihan ragam pembayaran. Sehingga ini juga dapat meningkatkan pelayanan pada konsumen. Konsumen dapat memilih pembayaran menggunakan cash atau kredit. Dan sistem akan segera terhubung dengan akun bank milik Anda dan akan terhubung juga otomatis dengan financial tracking system milik anda.


5) Untuk keamanan data.

Meningkatkan keamanan data Anda itu tentu sangat penting. Dengan software POS berbasis cloud ini Anda dapat merasa tenang dan terlidungi karena mengetahui bahwa informasi Anda aman. Informasi yang disimpan dan disinkronisasikan secara elektronik dapat dengan mudah dikembalikan seperti smeula jika ditemukan ada masalah. Selain itu aplikasi kasir juga memiliki sistem untuk melindungi data dari virus dan pencurian.




6) Lebih konsisten. 

Pada umunya jika terjadi human error atau faktor lainnya maka beberapa produk Anda mungkin akan terbuang sia sia atau mengeluarkan lebih banyak biaya di satu lokasi toko dari pada yang lain. Sistem POS dapat mengatasi masalah ini sehingga menjamin peningkatan layanan pelanggan dan reputasi Anda. Mempertahankan harga konsisten adalah hal yang wajib untuk dilakukan, dan menggunakansistem POS adalah cara terbaik untuk mencapainya.


7) Kecepatan.

Pada umumnya, perusahaan retail mengalami antrian di kasir yang lamban. Para pelanggan harus menunggu cukup lama. Namun permasalahan ini dapat diatasi dengan menggunakan sistem POS yang bagus akan membuat kasir akan lebih cepat merespon pelanggan. Mereka juga memiliki akses terhadap informasi produk dengan lebih cepat, yang memungkinkan mereka membantu pelanggan secara efisien. Dengan berkembangnya teknologi, para konsumen cenderung membeli barang secara online karena lebih cepat. Memiliki sistem POS yang solid dapat membuat pengalaman berbelanja lebih efisien yang mendorong lebih banyak pelanggan untuk mengunjungi bisnis Anda di toko offline maupun secara online dan meningkatkan penjualan.


8) Pengelolaan informasi yang lebih efisien.

Jika Anda memiliki atau mengelola lebih dari satu bisnis retail, menggunakan program kasir berbasis cloud dapat memungkinkan Anda untuk memusatkan data Anda ke semua lokasi. Kapan pun, pemilik dan pengelola dapat mengakses informasi tentang setiap lokasi dari komputer, atau tablet dan mobile, serta melakukan pembaruan yang akan distandarisasi untuk setiap lokasi. Pelanggan dan karyawan, sama-sama cenderung frustrasi jika lokasi mereka tidak berfungsi, atau yang terakhir menerima informasi terbaru.


9) Efisiensi waktu. 

Bila berjualan secara manual tanpa memiliki aplikasi kasir, Anda harus melihat rak atau tempat penyimpanan barang secara langsung untuk mengetahui produk yang paling banyak terjual. Hal ini akan terasa mudah ketika jenis dan jumlah barang yang dijual masih sedikit, namun bila barang mulai banyak dan kita sudah lelah dalam mengurusi distribusi barang. hal itu mungkin sulit untuk kita lakukan.


Demikian manfaat yang didapatkan apabila anda menggunakan POS sistem untuk bisnis anda. Saat ini, sudah banyak sekali penyedia layanan POS yang dapat digunakan. Salah satu pilihan terbaik yang bisa digunakan adalah Leukeun.com Dengan Leukeun tentunya akan lebih memudahkan bisnis anda untuk dipantau dimana saja dan kapan saja. Informasi lebih lanjut kunjungi website kami di:www.Leukeun.com