Alasan Penting Mengapa System POS Bermanfaat Untuk Bisnis Retail

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Bisnis ritel tentu akan lebih efisien dan mudah diatur jika menggunakan sistem POS untuk tiap transaksi. Pelanggan tentu akan tertarik melakukan pembelian di tempat yang menyediakan berbagai metode pembayaran non-cash, apalagi dengan menerapkan poin loyalitas, cashback, maupun diskon.

 

Agar lebih yakin menggunakan sistem POS, berikut merupakan alasan kenapa POS begitu dibutuhkan oleh bisnis model retail. Dengan mengetahui berbagai poin tersebut, semoga kamu tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya dalam bisnis yang sedang kamu kelola.

 

1)      Lebih Mudah Digunakan

Transaksi pembayaran tentu akan lebih mudah jika kamu menggunakan sistem POS sebagai salah satu medianya. Bisnis retail memiliki transaksi yang tidak sedikit, sehingga perlu pencatatan secara detail. Pembeli dan pelanggan yang hendak membayar juga tidak perlu mengantri panjang, sebab semua transaksi bisa dilakukan langsung dalam hitungan detik.

 

Pelayanan pembeli biasanya menjadi aspek yang harus diperhatikan, karena jika terlalu lama antrinya akan membuat pelanggan sebal dan enggan kembali ke toko. Bisnis retail yang menggunakan pelayanan manual rentan mengalami masalah seperti ini.

 

Cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah menggunakan sistem POS, yang bisa kamu gunakan dalam waktu singkat untuk memproses transaksi milik pelanggan. Software kasir juga memudahkanmu mencatat berbagai pengeluaran dan stok barang, sehingga lebih mudah ketika melakukan pelaporan.

 

2)      Lebih Mudah Diatur

Sistem point of sale merupakan perangkat lunak, maka prosesnya tidak membutuhkan waktu yang panjang dan membuat pengaturannya bisa dilakukan lebih mudah. Kamu bisa memanfaatkan software tersebut untuk pengelolaan manajemen keuangan, database pembayaran dan transaksi yang dilakukan pelanggan, hingga inventory dari berbagai produk yang dijual.

 

System point of sale sekarang juga makin lengkap dengan hadirnya  berbagai fitur tambahan, misalnya membuat analisis laporan dan pembukuan secara otomatis, serta pengaturan manajemen SDM. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengatur jadwal shift yang dimiliki oleh karyawan, kemudian mengatur absensi dan mengeceknya secara daring.

 

Misalnya terdapat karyawan yang tidak bisa hadir, kamu tidak perlu khawatir mengenai data atau bagian yang dia pegang. Semua data toko akan tersedia di aplikasi tersebut, walaupun tidak menggunakan SDM yang sama. Pemantauan pelayanan tentu akan lebih mudah dan nyaman dengan cara  digital seperti ini.

 

3)      Pemilik Toko Dapat Mengontrol Aktivitas di Dalam Toko

Pemakaian software ini juga membuat kamu bisa mengelola toko lebih mudah dibandingkan dengan cara manual. Seperti yang diketahui, karena ia merupakan perangkat lunak maka kamu bisa mengakses datanya secara daring.

 

Dengan begitu, ketika tidak sedang berada di dalam toko, kamu tetap bisa memantau kegiatan dan aktivitas transaksi di toko secara real time. Pemantauan tersebut juga bisa kamu lakukan kapan saja, tanpa batasan waktu, asalkan perangkat yang kamu gunakan menggunakan jaringan dan akses internet.

 

Pemantauan tersebut bisa dilakukan karena kamu mengakses database yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Ini tentu membuat pengelolaan toko dan manajerialnya menjadi lebih mudah, tanpa perlu kamu datang ke toko untuk melakukan inspeksi dan pengarahan langsung untuk para karyawan.