Alasan Pentingnya Bukti Transaksi dalam Pencatatan Laporan Keuangan

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Sebagai pelaku usaha, tentunya anda sudah sangat sering membelanjakan dana untuk keperluan operasional. Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah, Apakah anda selalu meminta bukti transaksi untuk setiap pembelanjaan yang dilakukan?

Meski bagi Sebagian orang adanya bukti transaksi atau selembar nota tak memiliki arti besar bagi setiap transaksi pembelian yang mereka lakukan, namun bagi para pengusaha adanya bukti transaksi menjadi salah satu penguat untuk setiap laporan keuangan yang mereka tuliskan.


Apa Itu Bukti Transaksi?

Bukti transaksi merupakan suatu kegiatan yang diakukan seseorang yang menimbulkan perubahan terhadap harta atau keuangan yang dipunyai baik itu bertambah ataupun berkurang. Misalnya menjual harta, membeli barang, membayar hutang, serta membayar berbagai macam biaya untuk memenuhi sebuah kebutuhan hidup. Dalam transaksi terdapat sebuah administrasi transaksi. Adapun yang dimaksud dengan administrasi disini ialah suatu kegiatan untuk mencatat perubahan keuangan seseorang atau oraganisasi yang dilakukan secara teliti serta mengunakan suatu metode-metode tertentu.


Karena pentingnya sebuah transaksi keuangan dalam perusahaan, maka perusahaan perlu mengadakan pencatatan. Lalu, seberapa pentingnya pencatatan transaksi keuangan dilakukan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini penjelasan yang bisa Anda pahami.


Pencatatan transaksi keuangan merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan bisnis. Dalam akuntansi, pencatatan transaksi keuangan adalah hal mendasar yang harus dilakukan. Dengan adanya catatan tersebut, semua transaksi keuangan bisnis dapat dipertanggungjawabkan dan dibawa ke laporan keuangan,  termasuk bukti transaksi.


Transaksi keuangan mempunyai nilai atau dinyatakan dalam satuan uang yang sangat berpengaruh terhadap kondisi keuangan perusahaan atau unit organisasi. Dengan adanya transaksi, kita dapat melihat bagaimana perusahaan menggunakan sumber daya ekonomi dan bagaimana cara memperoleh dana yang dapat digunakan untuk membiayai kegiatan tersebut.


Artikel ini sudah cukup jelas bukan dalam menjelaskan bukti transaksi? Nah, selain itu ada info penting lain lagi nih. Kamu perlu tahu kalau ada software Leukeun yang dapat membantu laporan keuangan bisnis kalian menjadi lebih mudah dan praktis.


Leukeun accounting ini adalah manajemen pengeluaran berupa reimbursement dan cash advance yang dapat dilakukan secara online. Jadi kamu tidak perlu lagi menunggu berbulan-bulan untuk menunggu pencairan reimbursement atau cash advance.

Karena aplikasi ini dapat diakses secara real time. Canggih, bukan? Oiya, kita juga ada demo gratisnya loh, bagi kalian-kalian yang ingin mencoba. Kunjungi wbsite kami di www.leukeun.com Selamat mencoba teman-teman