Apa Saja Dampak Cashless Society Bagi Para Pemilik Usaha

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Cashless society tidak hanya berdampak positif terhadap jenis metode pembayaran, tapi juga terhadap usaha Anda. Dengan terwujudnya cashless society, potensi usaha Anda untuk semakin berkembang pun menjadi semakin besar.

 

Apa saja dampak cashless society bagi para pemilik usaha? Berikut ulasannya.

 

1.       Proses transaksi lebih cepat

Dengan menerapkan pembayaran nontunai, proses transaksi jauh lebih cepat karena pelanggan hanya perlu melakukan transfer atau scan kode QR untuk melakukan pembayaran di toko Anda. Jadi, pelanggan tidak harus mengantre lagi untuk membayar dan Anda juga bisa langsung menerima pembayaran tanpa ribet!

 

2.       Transaksi lebih mudah dan aman

Dengan menjadi cashless society, transaksi apa pun akan lebih mudah karena Anda tidak perlu repot-repot menghitung uang untuk pembayaran atau kembalian, terutama saat melakukan transaksi nilai besar.

 

Selain itu, transaksi juga lebih aman karena Anda akan terhindar dari peredaran uang palsu atau risiko perampokan yang biasa terjadi pada pembayaran tunai.

 

3.       Riwayat transaksi tercatat dengan baik

Teknologi yang semakin berkembang menjadikan setiap transaksi dapat tercatat secara otomatis dan jelas, baik transaksi menggunakan kartu, uang elektronik, maupun dompet digital.

 

Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan pencatatan transaksi secara manual dan bisa mengelola keuangan usaha Anda dengan lebih baik.

 

4.       Potensi penjualan meningkat

Tingginya minat masyarakat untuk beralih menjadi cashless society membuat usaha Anda berpeluang untuk menyediakan ragam metode pembayaran nontunai yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

Dengan begitu, Anda berpeluang untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

 

5.       Berkontribusi terhadap pendapatan negara

Transaksi yang tercatat dengan baik dapat memudahkan pemerintah untuk mengetahui siapa saja pihak-pihak yang dikenakan wajib pajak. Artinya, pembayaran pajak yang Anda lakukan atas setiap transaksi ikut berkontribusi dalam mengoptimalkan pendapatan negara.

 

6.       Berpeluang mendapat program promo

Dengan menerapkan sistem pembayaran nontunai, Anda juga berkesempatan memperoleh berbagai program promo untuk mengembangkan usaha Anda dan meningkatkan penjualan.

 

Saat ini, sudah banyak lho perusahaan fintech yang menyediakan program promo bagi para pelaku usaha! Misalnya, GoPay yang memiliki berbagai macam program untuk edukasi sekaligus pengembangan pelaku UMKM di Indonesia.

 

Nah, bagaimana? Ternyata, dampak cashless society sangat menguntungkan para pengusaha ya? Jadi, sudahkah toko/ usaha Anda melayani pembayaran secara cashless? Kalau belum, segera daftar sekarang supaya Anda bisa merasakan banyak manfaatnya.