Bagaimana Cara Memantau Absensi Karyawan Menggunakan Software Absensi Online?

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Zaman kini sudah semakin canggih dan membuat segala kebutuhan pribadi dapat dipenuhi secara online. Mulai dari kebutuhan perlengkapan rumah, hingga kebutuhan jasa transportasi bisa didapatkan hanya dengan bermodal aplikasi atau system. Begitu pula dengan perusahaan yang mulai memenuhi keperluannya secara online, salah satunya yaitu dengan adanya absensi online.

 

Absensi online yang biasanya digunakan oleh perusahaan ini menggunakan sebuah sistem yang disebut dengan cloud. Sistem cloud atau cloud computing ini merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet yang berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan outsourcing untuk memonitoring karyawan dengan sistem absensi online meski berada di berbagai wilayah penempatan kerja.

 

1.       Pantau Performa Absensi Karyawan dari Dashboard

Dalam hal ini manager HR bisa melihat statistik maupun rekapitulasi baik individu maupun general bagaimana kinerja tenaga kerja dalam hal absensi.

 

Pencatatan jam masuk dan pulang secara otomatis dicatat ketika karyawan melakukan absen di pagi maupun sore hari. Sesuai dengan jam kerja mereka. Bagian HR bisa melihat data ini kapan saja dan dari mana saja, tidak perlu merekap secara manual dari Excel maupun catatan konvensional lainnya yang mudah untuk dimanupulasi. Karena biasanya absensi ini berkaitan erat dengan upah dan insentif karyawan.

 

2.       Atur lokasi dimana karyawan harus absensi

Meski absensi online dapat diakses dengan smartphone oleh karyawan, perusahaan tidak perlu khawatir jika terjadi kecurangan karena bukan berarti mereka dapat bebas melakukan absensi dimana saja.

 

Perusahaan dapat mengatur lokasi yang menjadi area untuk melakukan absensi. Misalnya saja lokasi diatur di wilayah sekitar kantor penempatan karyawan maka karyawan hanya dapat melakukan absensi ditempat itu saja. Atau perusahaan juga dapat mengatur beberapa titik sekaligus jika menjadi sebuah kebutuhan.

 

Dengan adanya pengaturan lokasi ini karyawan tidak akan dapat melakukan kecurangan dengan melakukan absensi diluar lokasi. Hal ini tentunya akan meningkatkan kedisiplinan karyawan dalam bekerja sehingga tidak ada lagi kejadian kecurangan absensi.

 

3.       Berlakukan pengajuan ijin dan cuti secara sistematis

Kemudahan yang diberikan perusahaan kepada karyawan tentunya akan berpengaruh pada kinerja maupun produktivitasnya. Salah satu kemudahan yang bisa diberikan adalah dengan memberlakukan pengajuan ijin dan cuti secara digital. Dengan sistem tersebut pengajuan ijin dan cuti dapat dilakukan secara langsung oleh karyawan melalui smartphone nya sehingga tidak perlu lagi proses yang panjang sehingga cukup memudahkan karyawan.

 

Selain memberikan kemudahan bagi karyawan, pemberlakuan pengajuan ijin dan cuti secara digital juga akan mempermudah perusahaan dalam memonitoring kehadiran karyawan. Data karyawan yang izin ataupun cuti akan langsung terekam secara otomatis dalam sistem yang memungkinkan perusahaan mengakses data tersebut secara realtime.

 

 

4.       Permudah sistem pertukaran shift karyawan secara langsung

Melalui sistem absensi online, karyawan juga akan diberikan kemudahan dalam melakukan pertukaran shift dengan rekannya. Tanpa harus melewati proses yang Panjang, pertukaran shift bisa langsung dilakukan.

 

Tentunya pertukaran shift yang dilakukan melalui aplikasi absensi online dapat dipantau jadi perusahaan akan tahu jika terjadi pertukaran shift antar karyawan. Dengan adanya data pertukaran shift tersebut perusahaan tidak perlu khawatir lagi terkait data kehadiran karyawan karena akan selalu tercatat dalam sistem.

 

Melakukan monitoring karyawan dengan memanfaatkan absensi online bisa dijadikan awalan bagi perusahaan outsourcing untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Penerapan absensi online dinilai mampu meningkatkan kedisiplinan karyawan karena secara realtime karyawan data karyawan dapat dipantau oleh pihak perusahaan. Dengan begitu tindakan yang mengarah pada kecurangan ataupun indisipliner dapat ditekan.