Beragam Manfaat Software Akuntansi Bagi Perkembangan Perusahaan

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Pemakaian software akuntansi tentu saja bisa menghemat biaya dan waktu kerja perusahaan, sebab tidak diperlukan sistem double input dan tak perlu menyediakan banyak staf dalam mencatat setiap aktivitas transaksi perusahaan.

Meskipun begitu, tidak berarti Anda harus mengeliminasi beberapa staf untuk menekan biaya perusahaan, melainkan dengan adanya software ini, penentuan dan pembagian tugas posisi staf perusahaan pun menjadi lebih efektif lagi. Adapun manfaat software akuntansi bagi perkembangan perusahaan, ialah sebagai berikut :

 

 

Manfaat Software Akuntansi Bagi Perusahaan

 

1.       Hasil laporan bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk mengambil keputusan perusahaan secara ideal sebab disajikan dengan cara real time.

2.       Software ini lebih mudah digunakan, sebab dibuat dengan memakai istilah-istilah tertentu yang sesuai standar akuntansi di Indonesia. Untuk pengguna yang masih belum memahami semua istilah dalam bidang akuntansi, terdapat template berupa kode-kode rekening tertentu sebagai perkiraan yang bisa langsung digunakan, diubah atau dihapus dalam transaksi laporan keuangan.

3.       Pencetakan invoice/faktur penjualan bisa dilakukan secara langsung setelah transaksi diinput guna menghindari terlewatnya proses pengiriman tagihan pada customer/pelanggan.

4.       Bukti pengeluaran finansial perusahaan bisa disajikan lewat print out dokumen yang langsung ditandatangani oleh penerima maupun pemberi dana sebagai salah satu bukti dokumen terjadinya transaksi ketika perusahaan Anda sedang di audit, baik itu audit eksternal maupun internal.

5.       Semua hutang piutang yang jatuh tempo dapat tersaji secara update, karenanya lebih mudah mengontrol aliran kas perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan waktu pembayaran hutang pada supplier ataupun waktu penerimaan pembayaran piutang yang berasal dari pelanggan. Tak ada lagi yang namanya tumpukan piutan yang berbulan-bulan dari pelanggan atau bertahun-tahun yang tak sempat ditagih akibat ketidaktelitian staff atau kurang validnya sumber data.

6.       Manajemen harta juga tak terlepas dari penggunaan software akuntansi. Dimana Anda tak perlu lagi menghitung penyusutannya dan membuat list harta tetap memakai spreed sheet yang kemudian harus membuat jurnal penyusutannya kembali.

7.       Laporan analisa usaha tak melulu berbentuk angka, yang mana terkadang membuat penggunanya stress, dengan software ini laporan analisa usaha bisa tersaji lewat bentuk grafik yang bersifat informatif untuk mempermudah Anda mengambil keputusan.

8.       Anda bisa menganalisa keuntungan pada tiap-tiap pekerjaan memakai fasilitas proyek, terutama untuk perusahaan jasa. Berapa pendapatan dan biaya yang dikeluarkan selama pekerjaan tersebut berlangsung.

9.       Bagi perusahaan niaga sendiri, Anda bisa menganalisa produk apa saja yang paling laris dibeli pelanggan, berapa jumlah stok yang masih tersedia di gudang, lalu kapan waktu harus membeli atau memesan barang pada supplier, hingga berapa jumlah keuntungan dari tiap penjualan barang yang dijual.

10.   Untuk perusahaan garmen atau pabrikasi, bisa melakukan analisa biaya produksi lebih cepat. Sehingga Anda bisa menentukan mana saja produk yang telah mencapai stok minimum, serta harus segera diproduksi. Lalu barang mana saja yang harus diproduksi, dan berapa jumlah harga pokok dari tiap produksi barang.

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaan software akuntansi untuk perkembangan perusahaan Anda. Jadi, sudah saatnya untuk menyisihkan sebagian keuntungan perusahaan Anda lalu mulailah berinvestasi dengan menggunakan software accounting tersebut.