Berikut Pola Dan Metode Dasar Payroll System

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Bicara soal payroll system, beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Namun sebagian lagi masih bingung bagaimana sistem payroll di Indonesia ini bekerja. Payroll system atau sistem penggajian sendiri merupakan pembayaran secara berkala atau periodik dari pemberi kerja atau perusahaan kepada pegawainya yang mana sudah tertulis dalam kontrak kerja. Nah, berikut ini pola dasar penghitungan gaji karyawan di Indonesia:

 

1.       Gaji yang didapatkan oleh karyawan biasanya mencerminkan nilai tugas atau beban pekerjaan yang karyawan tersebut emban.

2.       Apabila produktivitas kerja meningkat, maka potensi naiknya gaji pun meningkat.

3.       Namun, kenaikan gaji tersebut juga tidak bersifat permanen. Biasanya ada periode khusus yang memang diadakan dan dimanfaatkan untuk bisa menaikkan gaji pegawai.

Di Indonesia, kenaikan gaji ini dilakukan melalui 3 metode yang tentu diiringi dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang disebutkan di atas.

 

1. Sistem Penggajian Skala Tunggal

Payroll system ini dijalankan berdasarkan jabatan tanpa mempertimbangkan tanggung jawab kerja yang diemban. Jadi, seseorang yang memiliki jabatan serupa, memiliki kisaran gaji yang tidak jauh berbeda.

 

2. Sistem Penggajian Skala Ganda

Payroll system yang satu ini terbilang cukup fair karena metode ini mempertimbangkan jenis pekerjaan, tanggung jawab, dan prestasi yang sudah diraih oleh si pegawai.

 

3. Sistem Penggajian Skala Campuran

Metode ini juga banyak diadopsi oleh perusahaan di Indonesia yang mana sudah tertera pula di dalam UU Nomor 43 Tahun 1999 dan PP Nomor 6 Tahun 2008. Jadi, pegawai dengan pangkat yang sama diberikan gaji yang sama. Akan tetapi, terdapat tunjangan tertentu jika ada beberapa beban tanggung jawab yang sekiranya berbeda dari yang lainnya.