Berikut Rincian Dalam Memilih Point Of Sale Untuk Usaha

.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Software POS berbasis cloud bisa menjadi satu pilihan yang paling tepat untuk bisnis Anda. Ini adalah tren terbaru dalam perangkat lunak POS, dan dengan cepat menjadi semakin popular digunakan. Sistem ini dapat diakses langsung dari internet dan seringkali kompatibel dengan sebagian besar perangkat keras POS.

Sistem POS berbasis cloud juga bisa menjadi lebih murah, dan lebih nyaman karena pebisnis dapat mengakses data dari mana saja dengan koneksi internet. Apa yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sistem Point of Sale untuk usaha Anda? Berikut adalah rincian yang perlu Anda cermati.

1.       Harga dan fitur

Sebelum kamu membeli, pastikan Anda mengetahui apa yang sebenarnya usaha kamu butuhkan sehingga kamu dapat mengoptimalkan pengeluaran kamu. Kebanyakan Point of Sale membutuhkan investasi uang yang tidak murah terlebih apabila kamu memiliki lebih dari satu cabang. Selain itu, perlu diingat fitur tambahan yang ditawarkan. Garansi produk berapa lama hingga harga untuk pemasangan alat, instalasi aplikasi, peningkatan software, dan bantuan sebelum kamu menentukan bahwa POS tersebut cocok untuk usaha.

 

2.       Perangkat yang diperlukan

Pastikan kamu membeli perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) untuk sistem POS. Hardware meliputi layar monitor yang dapat disentuh ataupun menggunakan kursor yang ditempatkan pada titik-titik tertentu seperti dibelakang meja layanan pelanggan, dibelakang meja bar dan lainnya. Hardware juga mencakup setiap server jaringan yang diperlukan, peralatan sistem tampilan dapur, hingga komputer yang akan digunakan.

 

3.       Fitur kelola stok barang saja

Jika usaha kamu sudah cukup besar, seperti restoran yang memiliki banyak menu dan stok bahan baku, maka kamu sudah membutuhkan fitur inventory (stok barang). Namun jika usaha kamu masih skala kecil dan merasa ini belum dibutuhkan sebaiknya jangan menggunakan fitur tambahan seperti ini untuk menghemat biaya.

 

4.       Perangkat lunak lengkap untuk melacak data

Perangkat lunak atau Software mencakup semua program yang kamu butuhkan dalam sebuah Point of Sale, Finansial usaha kamu, laporan inventori, hingga mencakup sistem kepuasan pelanggan. Software bahkan dapat menggunakan data karyawan untuk membantu kamu dalam menyusun jadwal karyawan dan membuat pekerjaan yang merepotkan dan membuang waktu tersebut menjadi lebih mudah.

 

5.       Laporan penjualan lengkap

Salah satu alasan terbesar pengusaha membeli sistem POS adalah fitur laporan penjualannya. Jika sebelumnya pemilik usaha harus repot menulis nota penjualan di kertas dan mencatat penjualan setiap harinya, kini dengan sistem POS tidak perlu lagi melakukan hal itu.

 

Pastikan bahwan sistem POS yang kamu miliki memungkinkan kamu untuk menyediakan laporan keuangan secara rinci, seperti informasi penjualan harian, produk apa saja yang paling laris, hingga pemisahan laporan berdasarkan metode pembayaran yang digunakan oleh pelanggan. Selain itu pun bahasanya harus mudah dipahami (menggunakan istilah akuntansi yang mudah) sehingga semua unit karyawan dapat mengerti hasil laporannya.

 

6.       Mudah untuk digunakan

POS System akan digunakan sehari-hari untuk menunjang operasional usaha kamu. Kemungkinan pula akan digunakan oleh banyak orang, termasuk karyawan baru. Dengan tampilan yang mudah dimengerti maka kamu tidak perlu lagi kesulitan untuk melakukan training terhadap kasir baru dalam mengoperasikan POS System. Hal ini tentu juga bisa mengurangi resiko kesalahan atau human error.

 

7.       Dukungan teknis yang baik

Bukan masalah apakah kamu mengalami masalah saat sekarang ataupun dimasa yang mendatang, tapi ketika akan ada masalah dengan sistem POS kamu. Dengan mencari sistem POS yang menyediakan jasa teknisi yang sudah ahli dalam bidangnya dan setiap waktu dapat membantu kamu apabila menemukan suatu kerusakan atau kesalahan dalam pengaturan, akan membuat kamu merasa lebih aman dan nyaman apalagi kalau dukungan teknis tersebut tidak dipungut biaya tambahan.

 

8.       Berbasis cloud / online

Dengan Point of Sale yang berbasis cloud kamu dapat melakukan banyak hal untuk mengurus operasional usaha. Mengecek laporan penjualan di beberapa lokasi outlet yang berbeda bisa dilakukan tanpa harus mendatangi tiap outlet secara fisik. Dengan begitu kamu bisa mengelola usaha dari mana dan kapan saja.