Cara Efektif Mendapatkan Feedback Karyawan Terhadap Kinerja Manajerial

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Semakin banyak kekuatan yang dimiliki seorang manajer, maka karyawan akan semakin cemas untuk mengatakan sesuatu yang dapat menurunkan kesempatan, atau gaji karyawan tersebut. Oleh karena itu, seorang pimpinan perusahaan atau manajer perlu mendengarkan karyawan. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan feedback dari karyawan. Diantaranya adalah seperti berikut ini:

 

1.       Membuat dan menggunakan kotak saran. Tidak setiap saran yang diberikan karyawan akan positif atau dapat selalu diterima. Apabila ada saran yang berguna, maka pastikan Anda menyebutkannya kepada karyawan sehingga mereka tahu suaranya telah terdengar.

 

2.       Mengembangkan dan mengikuti kebijakan tanpa retribusi secara konsisten. Pastikan setiap karyawan mengetahui kebijakan tertulis dan cara kerjanya. Selain itu, sebutkan kebijakan tertulis apabila sesuai, sehingga karyawan mengetahui bahwa kebijakan tersebut telah diterapkan.

 

3.       Menunjukkan kepada karyawan tentang feedback yang berguna dan konstruktif.

 

4.       Mendengarkan feedback karyawan dengan hati-hati dan mengumpulkan informasi lebih lanjut jika diperlukan. Cari tahu informasi apa saja yang dirasakan hilang atau kurang dari karyawan dan bagaimana karyawan tersebut ingin menerima arahan tambahan. Jika sesuai, maka mintalah tim untuk mengetahui apakah kritik dari karyawan individual relevan bagi keseluruhan kelompok atau perusahaan.

 

5.       Menunjukkan kepada karyawan bahwa perusahaan mendengarkan dan menilai feedback karyawan. Apabila perusahaan menerima umpan balik yang membantu, baik itu lewat pertemuan, newsletter, atau dalam email kelompok berikan pujian apa adanya.

 

6.       Menanggapi feedback karyawan dengan moderasi.

 

Seorang pimpinan perusahaan atau manajer dapat menggunakan feedback sebagai alat untuk pertumbuhan. Baik itu feedback yang diberikan kepada karyawan maupun feedback dari karyawan. Jika sebuah feedback ditawarkan dengan tepat, langsung, dan relevan, Anda dapat menyampaikan informasi tersebut agar karyawan bisa menindaklanjuti respon Anda dengan perubahan yang positif. Sementara jika Anda siap menerima dan bertindak berdasarkan feedback karyawan, berarti Anda memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk belajar, berubah, dan terus tumbuh.

 

Itulah beberapa informasi tentang pentingnya feedback, baik feedback perusahaan kepada karyawan maupun feedback karyawan pada pihak perusahaan. Dengan memperbaiki keterampilan Anda dalam hal feedback, maka Anda juga akan meningkatkan kemampuan untuk mengenali serta merespons perilaku positif dan negatif.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan wawasan tentang kekuatan dan tantangan sebagai seorang manajer atau pimpinan perusahaan. Maka seiring berjalannya waktu, Anda akan mengembangkan hubungan yang solid dengan karyawan dan bisnis atau perusahaan Anda akan mendapatkan keuntungan.