Cara Sukses Mengatur Manajemen Keuangan Bisnis

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Setiap pelaku usaha Bisnis harus memperhatikan banyak hal-hal agar bisnis yang mereka tekuni bisa berkembang dengan pesat. Tentunya, keuangan merupakan salah satu elemen penting yang harus diperhatikan. Agar keuangan sebuah bisnis dapat berjalan dengan lancar, setiap pengusaha harus mengetahui cara mengatur manajemen  keuangan Bisnis usaha yang baik


1) Usahakan untuk Memisahkan Uang Pribadi dan Uang Usaha


Tips manajemen keuangan yang pertama adalah pisahkan antara keuangan pribadi dengan bisnis. Bagi mereka yang baru saja merintis usaha, hal ini sering kali dilupakan. Padahal, bila rekening bisnis dan pribadi tidak dipisahkan mulai dari sekarang, ke depannya bisa menjadi gangguan bagi arus kas bisnis.


Selain itu, mencampuradukkan uang pribadi dengan uang bisnis juga akan menyulitkan pembukuan. Bila tidak berhati-hati, bisa saja Anda menggunakan uang bisnis untuk keperluan pribadi sehingga omzet bisnis pun berkurang untuk sesuatu yang tidak perlu.


Di sisi lain, Anda pun akan kesulitan dalam menghitung pengeluaran dan pemasukan apabila menggabungkan kedua uang tersebut. Oleh karena itu, meskipun bisnis yang dirintis masih kecil, namun memiliki laporan keuangan yang sehat bisa membantu bisnis Anda berkembang.


2) Buat Rencana Keuangan dalam Kurun Waktu Tertentu


Diperlukan sebuah strategi jitu agar bisnis dapat berkembang, tak terkecuali dalam pembuatan rencana keuangan untuk jangka waktu tertentu. Di luar sana, ada beberapa kasus terkait pengelolaan keuangan bisnis yang sering berubah-ubah. Akibatnya, muncul masalah baru yang mengakibatkan kas bisnis tak terkontrol.


Dengan membuat perencanaan keuangan, Anda bisa mengalokasikan uang secara optimal untuk membiayai keperluan bisnis. Di samping itu, membuat rencana keuangan juga bisa menekan pos-pos anggaran yang sifatnya dapat ditunda.


3) Buat Laporan Keuangan secara Rapi


Tips ke tiga adalah buatlah laporan keuangan secara rapi dan rutin, minimal setiap bulan. Bukan hanya perusahaan besar yang wajib membuat laporan keuangan, Anda yang kini merintis usaha kecil pun tak boleh abai dalam pembuatan pembukuan keuangan bisnis.


Setidaknya ada 4 jenis laporan keuangan yang diperlukan dalam menjalankan bisnis, di antaranya adalah laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.


Jika belum memungkinkan untuk membuat keempatnya karena bisnis masih baru, setidaknya Anda perlu membuat laporan arus kas dan laba rugi. Keberadaan laporan keuangan ini juga bisa mencegah penyelewengan dana selama menjalankan bisnis.


Untuk membuat laporan keuangan, sebaiknya lakukan secara terkomputerisasi agar catatan tersebut terhindar dari risiko rusak atau hilang.


4) Kontrol Arus Keuangan Usaha


Setelah membuat laporan keuangan, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan dalam manajemen keuangan adalah mengontrol arus kas bisnis secara berkala agar tetap stabil. Di awal pendirian bisnis, memantau arus kas bisa Anda lakukan seorang diri.


Namun, ketika bisnis sudah berkembang, arus kas bisnis menjadi semakin kompleks sehingga membutuhkan jasa administrator yang mampu mengontrol arus kas secara profesional dan menetapkan prosedur keuangan yang baik.


5) Hindari Risiko Utang Usaha


Supaya bisnis berjalan lancar, maka perhatikan utang usaha Anda. Berhutang untuk mendapatkan suntikan dana guna mengembangkan bisnis bukanlah sesuatu yang dilarang.


Akan tetapi, Anda juga harus sadar bahwa berhutang bisa berakibat fatal apabila Anda tidak mampu mengembalikannya. Oleh karena itu, Anda harus memahami situasi saat mengambil utang. Ketika kondisi keuangan sedang tidak stabil, alangkah baiknya bila Anda menghindari risiko berhutang.


6) Siapkan Dana Darurat


Tips terakhir adalah siapkan dana darurat. Ini merupakan salah satu proses untuk menerapkan manajemen risiko. Ya, tidak ada yang tahu seperti apa kondisi bisnis Anda di masa depan. Ibarat payung, dana cadangan nantinya bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi.


Itulah beberapa cara mengatur manajemen keuangan Bisnis usaha yang harus dilakukan setiap pelaku bisnis, Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengembangkan dan meningkatkan setiap usaha bisnis yang kalian jalani.