Cara Tepat Dalam Memilih Payroll Yang Baik untuk Kelancaran Bisnis Anda

Menghitung gaji karyawan merupakan pekerjaan yang sangat rumit dan memakan banyak waktu dan perlu mengintegrasikan berbagai hal seperti: absensi dan pajak dalam pemberian gaji karyawan. Karena itu perlu menggunakan software payroll terbaik agar urusan penggajian jauh lebih mudah.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Dalam Memilih software payroll terbaik bagi usaha anda bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Pasalnya, setiap bisnis atau perusahaan memiliki kebutuhan payroll yang berbeda-beda. Otomatis predikat software payroll ‘terbaik’ juga tergantung masing-masing penggunanya. Menggunakan software payroll  tetap menjadi prioritas karena kualitas dan peforma dari software payroll sangat mempengaruhi proses mengelola payroll dalam usaha anda. Berikut dalam artikel ini saya rangkum cara tepat dalam memilih payroll yang baik untuk kelancaran Bisnis anda:

 

1)      Tampilan Simpel dan Bahasa Sederhana

Salah satu tujuan utama perusahaan memutuskan untuk menggunakan software payroll adalah untuk menyederhanakan perhitungan gaji karyawan. Dengan demikian, tampilan software tersebut tentu harus didesain sesederhana mungkin. Tampilan yang sederhana ini wajib pula didukung dengan pemilihan bahasa yang mudah dipahami.

Tampilan yang simpel serta pemilihan bahasa yang mudah dipahami membuat pengelola tidak perlu terlalu kesulitan mempelajari software tersebut. Terlebih apabila software payroll tidak terlalu banyak menggunakan berbagai istilah teknis yang kelewat rumit.

 

2)      Kelengkapan Fitur

Dalam perhitungan gaji karyawan, terdapat beberapa komponen yang perlu diperhatikan yang membuat gaji tiap-tiap karyawan tidak selalu sama. Komponen-komponen tersebut diantaranya berupa data kehadiran, jam kerja, pajak, tunjangan lembur, serta tunjangan-tunjangan lainnya. Masing-masing perusahaan tentu sudah menentukan berbagai komponen tersendiri dalam perhitungan gaji karyawan. Kelengkapan fitur-fitur yang mendukung komponen-komponen tersebutlah yang wajib menjadi pertimbangan dalam pemilihan software payroll.

 

3)      Perhitungan Akurat

Melakukan perhitungan gaji karyawan secara manual tentu akan memakan banyak waktu. Terlebih apabila perusahaan Anda memiliki puluhan karyawan dengan komponen pembayaran gaji yang beragam. Fungsi penting dari software payroll adalah untuk mempermudah perhitungan gaji karyawan perusahaan. Perhitungan yang dilakukan tentu harus selalu tepat dan senantiasa akurat. Untuk itu, Anda wajib memastikan bahwa software payroll yang Anda pilih merupakan software terpercaya yang mampu menghitung gaji karyawan secara cermat dan akurat.

 

 

4)      Keamanan Data Perusahaan

Data-data terkait karyawan dan keuangan perusahaan tentu merupakan data-data penting yang bersifat rahasia. Dengan kata lain, data-data ini tidak boleh sampai bocor dan disalahgunakan oleh sembarang orang. Ketika memilih software payroll, keamanan data perusahaan harus senantiasa terjaga. Dengan kata lain, pastikan data-data yang terkumpul dalam software payroll yang Anda pilih hanya dapat diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan saja. Idealnya, Anda dapat mengatur siapa saja yang boleh mengakses data tersebut. Termasuk membedakan data yang dapat diakses oleh karyawan maupun pemegang jabatan tertentu di perusahaan.

 

 

5)      Proses Perhitungan Cepat dan Selalu Update

Keunggulan software payroll apabila dibandingkan dengan perhitungan gaji secara manual adalah proses perhitungannya yang lebih cepat. Tak sekadar cepat, perhitungan ini juga harus selalu update, mengingat komponen perhitungan gaji karyawan bisa saja berubah seiring dengan perkembangan perusahaan. Misalnya, ketika perusahaan semakin besar dan pemasukan meningkat, bisa saja perusahaan menambahkan besar tunjangan makan siang bagi karyawan. Contoh lain adalah apabila terjadi perubahan terkait perhitungan pajak yang dibebankan pada karyawan. Hal-hal semacam ini sepintas tampak sederhana, namun justru rawan untuk dilupakan di tengah padatnya berbagai urusan perusahaan. 

 

6)      Dapat Diakses Karyawan

Memasuki era keterbukaan informasi, karyawan berhak mengetahui secara jelas perihal gaji yang diterima setiap bulan. Termasuk pemotongan gaji terkait pajak atau jumlah jam kerja karyawan tidak sesuai dengan ketentuan perusahaan. Besaran tunjangan yang diberikan pada hari raya juga bisa membuat karyawan menerima gaji yang berbeda tiap bulannya.

 

Setelah membaca artikel diatas Dapatkan kemudahan dalam memilih payroll yang baik dalam bisnis anda, Kami merekomendasikan Andadalam  menggunakan Leukeun payroll dalam mendukung kelancaran Bisnis anda.

Dengan menggunakan leukeun payroll bisa memudahkan Anda dalam mengelola kehadiran, penggajian, hingga perhitungan pajak dan BPJS karyawan secara otomatis. Bahkan, karyawan Anda juga bisa mengajukan ijin dan mengakses data karyawan secara online lho! Informasi Lebih lanjut kunjungi website kami di: www.Leukeun.com