Ketahui !! Manfaat Utama Aplikasi Pembukuan bagi Bisnis Anda

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Aplikasi pembukuan telah mengambil alih proses akuntansi di berbagai perusahaan dan instansi di Indonesia. Proses pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan terhadap error dinilai tidak efisien dan memperlambat kinerja akuntan. Maka dari itulah, mengapa semakin banyak pemilik bisnis yang beralih ke solusi akuntansi otomatis. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama yang Anda dapatkan dari aplikasi pembukuan untuk suatu bisnis.

 

1.       Meningkatkan Akurasi Data

Akurasi data merupakan hal yang krusial dalam laporan keuangan. Namun, ketika Anda mencatat data keuangan menggunakan kertas, Anda bisa saja membuat kesalahan pada penulisan adan seseorang bisa saja salah membacanya. Penghitungan manual dengan kalkulator juga sangat rentan terhadap kesalahan.

Kesalahan manusia memang tidak bisa sepenuhnya hilang dari kegiatan akuntansi sehari-hari, akan tetapi aplikasi pembukuan dapat memperkecil kemungkinannya. Pajak, pendapatan, biaya pengeluaran, dan lain-lain dapat Anda hitung secara otomatis. Berbagai error seperti duplikasi data dapat teridentifikasi oleh sistem sehingga akurasi dapat ditingkatkan secara signifikan.

 

2.       Meningkatkan Mobilitas

Aplikasi pembukuan berbasis cloud memberi Anda keuntungan untuk dapat mengakses akun bisnis Anda dari mana saja. Perangkat lunak ini juga dapat diakses melalui browser yang umum digunakan. Selain itu, Anda juga bisa mengaksesnya menggunakan smartphone atau perangkat seluler lainnya. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan secara fleksibel ketika menggunakan aplikasi pembukuan berbasis cloud adalah:

 

·         Melacak laba rugi di setiap cabang bisnis

·         Membuat dan mengirim faktur langsung dari perangkat seluler Anda

·         Melihat riwayat transaksi dan laporan penagihan

·         Mencatat pengeluaran dan melampirkan kwitansi

·         Melakukan follow up pembayaran

·         Mendapatkan informasi real-time mengenai pendapatan, biaya pengeluaran, dll.

·         Menghasilkan laporan laba rugi, arus kas, perubahan modal, neraca, dll. Secara instan

 

3.       Visibilitas Keuangan yang Lebih Lengkap

Aplikasi pembukuan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai keuangan Anda. Beberapa di antaranya bahkan memungkinkan penggunanya untuk memprediksi arus kas, termasuk kapan biaya pengeluaran akan diperlukan dan kapan keuntungan akan dihasilkan.

Biasanya data keuangan seperti laba rugi sulit untuk menghasilkan secara terperinci apalagi jika bisnis yang mengelola berjumlah banyak dan berlokasi di berbagai tempat. Namun dengan sistem pembukuan yang komplit seperti Leukeun Accounting, Anda bisa mengetahui laba rugi berdasarkan area, toko atau kantor, dan bahkan jenis produk.

 

 

4.       Mempermudah Pengelolaan Pajak

Selain menunjukkan berapa banyak pajak yang akan Anda bayar pada faktur tertentu, beberapa aplikasi pembukuan juga memungkinkan Anda untuk membuat laporan yang menunjukkan berapa banyak pajak tertentu yang telah dibayarkan bisnis Anda selama periode waktu tertentu. Sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk melengkapi dan mengajukan formulir pajak pemerintah seperti PPN dan PPh-23.