Langkah Mudah Membuat Anggaran Keuangan Yang Efektif

 Membuat anggaran sangat penting karena untuk menjaga keuangan Anda agar anggaran bergantung pada pemasukan, Anda juga dapat mulai memprioritaskan pengeluaran Anda dan mengelola uang untuk masa depan keuangan dengan lebih baik.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

Setiap tujuan memerlukan rencana dan strategi untuk mencapainya, begitu juga dengan tujuan-tujuan keuangan kita perlu membuat perencanaan anggaran untuk mewujudkannya. Berikut langkah mudah dalam membuat anggaran yang efektif:

 

1)      Utamakan Pengeluaran Wajib

Biaya wajib adalah biaya yang harus dibayar setiap bulan. Kalian dapat mengindentifikasi biaya wajib karena jumlahnya tetap, meskipun beberapa seperti tagihan listrik atau air dapat bervariasi dari bulan ke bulan. Jika dirimu memiliki kewajiban untuk membayar hutang, itu juga harus dimasukkan dalam pengeluaran wajib.

 

2)      Mengidentifikasi Pengeluaran Diskresi

Mengindentifikasi pengeluaran diskresi, ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan tanpa sering memilih untuk menghabiskan uang. Itu adalah keinginan dan bukan merupakan kebutuhan misalnya seperti hiburan, penggunaan TV kabel, perawatan pribadi dan lainnya.

 

3)      Pikirkan Alokasi Keuangan

Setelah dirimu memasukkan semua kategori pengeluaran, sekarang saatnya untuk memikirkan nominal yang diperlukan setiap kategori. Tuliskan apa yang menurutmu harus atau akan dibelanjakan di setiap kategori dalam sebulan.

 

4)      Bandingkan Biaya Estimasi dengan Biaya Sebenarnya

Sekarang, kembali pada riwayat pengeluaran. Bandingkan nominal dalam beberapa kategori. Membandingkan estimasi dengan biaya yang sebenarnya harus dibayarkan perlu dilakukan. Ini untuk menghindari adanya kekurangan biaya atau adanya sisa uang yang dapat disisihkan untuk menabung.

 

5)      Tetapkan Batasan Pengeluaran dengan Penghasilan

Setelah mengetahui berapa banyak pengeluaran setiap bulan dibandingkan dengan apa yang akan dibelajakan, inilah saatnya untuk menetapkan batasan pengeluaran. Mulailah dengan menganggarkan biaya wajib lalu kurangi dari penghasilanmu. Jumlah yang tersisa adalah yang dapat dianggarkan untuk pengeluaran pilihan atau tujuan untuk menabung. Apa yang dianggarkan untuk pengeluaran tidak boleh lebih dari penghasilanmu, jika tidak, dirimu akan kesulitan atau bahkan mungkin akan berhutang.

 

 

Dengan membuat Perencanaan ini akan mempermudahmu dalam menggunakan uang dengan bijak dan tidak menjadi konsumtif, selain itu kita juga dapat mempertimbangkan ulang target uang dan selang waktu dalam tujuan keuangan, bisa juga dengan mencari sumber pendapatan lain untuk menambah pemasukan, intinya proses evaluasi dapat membantu kita membuat anggaran yang realistis.