Manfaat Utama Sistem Akuntansi Pada Perusahaan

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Setiap perusahaan atau badan usaha biasanya memiliki departemen keuangan untuk menangani masalah akuntansi. Dalam membuat laporan akuntasi harus rinci dengan menggunakan data real time saat itu, hal ini untuk menghindari masalah/ risiko keuangan yang dapat merugikan perusahaan. Untuk memudahkan pengerjaan laporan akuntansi setiap perusahaan pastinya menggunakan. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama sistem akuntansi yang dapat dirasakan oleh perusahaan yang menggunakannya.

 

1.       Sistem Akuntansi Membantu Menghemat Waktu dan Biaya

Proses akuntansi di kenal sebagai proses yang memakan banyak waktu karena ada banyak transaksi yang harus di catat dan di hitung. Namun, dengan sistem akuntansi, semua itu dapat di otomatiskan sehingga waktu pengerjaan dapat di persingkat. Perusahaan juga tidak perlu tenaga akuntan tambahan untuk melakukan pembukuan dan lain-lain sehingga perusahaan dapat menghemat biayanya untuk kebutuhan lain yang tidak kalah penting.

 

2.       Meningkatkan Visibilitas Keuangan

Perangkat lunak akuntansi memudahkan pemangku kepentingan untuk memantau kondisi keuangan perusahaan secara lebih detail. Manajemen dapat mengetahui pengeluaran dan pendapatan serta laba rugi di setiap lokasi dan bahkan departemen perusahaan. Dengan Sistem Akuntansi HashMicro, Anda bahkan dapat menghasilkan data forecast arus kas dalam beberapa waktu ke depan. Seluruh informasi keuangan dapat Anda lihat di financial dashboard.

 

 

3.       Meminimalkan Kesalahan dengan Bantuan Sistem Akuntansi

Penghitungan manual memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap kesalahan, sebab akurasi sangat bergantung pada ketelitian akuntan. Namun dengan sistem akuntansi, proses penghitungan di otomatiskan sesuai dengan algoritma sistem yang selalu di perbarui. Kesalahan seperti duplikasi data juga dapat terdeteksi. Akuntan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengoreksi data dan bisa lebih fokus pada pekerjaan yang lebih membutuhkan konsentrasi.

 

4.       Tingkatkan Pengelolaan Manajemen Aset & Inventaris

Sistem akuntansi yang baik seharusnya sudah terintegrasi dengan manajemen aset dan inventaris. Artinya, perangkat lunak ini semestinya juga  dapat membantu memudahkan Anda mengelola aset dan inventaris. Aplikasi Akuntansi HashMicro misalnya, perangkat lunak ini memungkinkan Anda menghitung depresiasi aset secara otomatis, menghitung biaya inventaris, dan memudahkan stok opname.

 

5.       Sistem Akuntansi Mudahkan Akses Data Real Time

Perangkat lunak akuntansi memungkinkan Anda untuk melacak data keuangan perusahaan secara real time. Anda dapat langsung mengetahui nominal uang yang masuk dan keluar secara tepat kapanpun Anda inginkan. Data real-time sangat berguna untuk memudahkan Anda membuat strategi dan perencanaan yang tepat untuk meningkatkan manajemen keuangan Anda.

 

6.       Meningkatkan Proses Pengambilan Keputusan

Dengan laporan lengkap, akurat, dan real-time, manajemen akan dapat mengambil keputusan finansial yang lebih baik untuk perusahaan. Manajemen dapat mengetahui proses apa saja yang memakan paling banyak biaya, mana yang biayanya bisa di kurangi, dan lain-lain. Manajemen juga dapat memutuskan lebih cepat apakah perusahaan telah siap untuk berinvestasi, berekspansi, menambah karyawan, mencoba strategi marketing baru, dan lain-lain.

 

7.       Memberikan Anda Fleksibilitas Tinggi

Aplikasi akuntansi berbasis web memberikan pengguna kemudahan untuk melacak informasi keuangan perusahaan dan mengerjakan tugas-tugas akuntansi dari mana saja. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut melalui browser web.

 

Selain itu, aplikasi akuntansi berbasis web juga dapat digunakan di perangkat mobile apapun, termasuk smartphone dan tablet. Selama memiliki hak akses (yang dapat di atur oleh admin), pengguna dapat melihat laporan keuangan atau melakukan berbagai proses yang di inginkan kapan dan di mana saja.