Mengapa Perusahaan harus Beralih ke Cloud Accounting?

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Pengembangan sistem informasi rekam medis ditujukan untuk mendukung ketersedian data informasi bagi manajemen dan pelaksana layanan kesehatan serta pengembangan jaringan informasi kesehatan. Sistem informasi rekam medis ini dibangun menggunakan teknologi komputer berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP berbasis data MySQL.

Kini, lewat adanya aplikasi dan sistem informasi terintegrasi, data pasien disimpan lebih aman dan terjaga dengan baik. Kerusakan yang disebutkan sebelumnya bisa dicegah secara maksimal. Selain itu, masih banyak manfaat yang didapat dengan menyimpan rekam medis pasien melalui data terintegrasi ini. Berikut beberapa di antaranya.

 

1.       Rekam Medis Mudah dilacak

Masalah kedua yang dihadapi oleh petugas klinik ketika hendak mencari data pasien terkadang mengalami kesulitan pelacakan. Mengingat banyaknya berkas dan dokumen yang bertumpuk, petugas membutuhkan cukup banyak waktu untuk menemukan rekam medis pasien.

 

Tentu hal ini tidak akan terjadi lagi bila sebuah klinik menggunakan aplikasi melalui sistem informasi yang terintegrasi.

 

Jelas, hal ini bisa menghemat waktu dan tenaga para petugas jika dibandingkan menggunakan cara lama melacak di berkas yang bertumpuk. Dengan begitu pekerjaan dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.

 

2.       Mempermudah proses diagnosa pasien

Kesalahan membaca resep atau rekam medis secara manual bisa berakibat fatal bagi pasien. Hal ini dikarenakan adanya petugas yang salah membaca tulisan tangan atau kesalahan tulis pada dokumen maupun berkas pasien. Menggunakan aplikasi klinik dan sistem informasi yang terintegrasi dapat menghindari kesalahan seperti ini. Data akan terbaca jelas dan akurat karena tidak ditulis tangan, dan ini akan mempermudah dokter maupun petugas klinik untuk mendiagnosa penyakit pasien.

 

3.       Membuat penanganan lebih cepat

Apabila diagnosa pasien dari data rekam medis dalam sistem informasi yang terintegrasi akurat, maka dampak positifnya adalah penanganan pasien lebih cepat. Terlebih lagi bila pasien didiagnosis mengalami penyakit yang berbahaya, dengan penanganan yang lebih cepat dampak buruk dari penyakit dapat diminimalisir.

 

Dokter maupun petugas medis lainnya juga bisa memperkirakan tindakan apa yang harus dilakukan terhadap pasien berikutnya. Pasien pun menjadi lebih tenang dan bila penanganan cepat dan akurat, tentu saja ini bisa berdampak meningkatkan citra baik dari pelayanan klinik Anda.

 

4.       Dapat menghemat tempat dan biaya

Manfaat lain dari penggunaan sistem informasi terintegrasi dalam hal penyimpanan rekam medis adalah dapat menghemat tempat maupun biaya. Dalam sistem konvensional, mekanismenya cukup panjang. Selain itu, cara tersebut juga memerlukan banyak biaya dan tempat serta tenaga.

 

Seperti jumlah tenaga medis, kertas maupun formulir untuk penyimpanan data, hingga rak penyimpanan data rekam medis pasien. Bayangkan, berapa biaya yang dibutuhkan untuk hal itu dan membutuhkan tempat yang cukup luas untuk menyimpan data pasien yang tidak sedikit.

 

Sementara itu, bila klinik Anda menggunakan aplikasi maupun sistem informasi yang terintegrasi dapat menanggulangi masalah tersebut.

 

Aplikasi klinik bisa menyimpan data pasien secara otomatis dalam jumlah yang cukup besar dan praktis. Anda tidak membutuhkan rak maupun tempat menyimpan dokumen, semuanya ada dalam sebuah sistem yang sudah berjalan dengan baik.

 

Untuk itu, Anda perlu menggunakan aplikasi klinik terbaik dalam hal penyimpanan rekam medis pasien. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Vmedis Klinik yang dilengkapi fitur-fitur canggih dan paling up-to-date. Informasi lebih lanjut Anda bisa hubungi di sini.