Mengenal Pentingnya Transformasi Supply Chain Digital Bagi Perusahaan

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

Proses layanan yang cepat pastinya akan terbangun melalui big data atau berbagai sistem canggih lainnya. Dengan menggunakan berbagai sistem tersebut, maka proses forecast permintaan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat setiap harinya. Digitalisasi pada supply chain tentu saja akan membuat proses kerja menjadi semakin singkat. Selain itu masih banyak keunggulan lainnya dari proses digitalisasi yang terjadi pada sektor supply chain.

Lantas, apa saja Pentingnya Transformasi Supply Chain Digital bagi semua perusahaan? Simak ulasannya di bawah ini.

 

Fleksibel

Proses perencanaan dalam supply chain tentu saja bisa dilakukan melalui Ad Hoc dan real-time sehingga sangat memungkinkan respon yang cepat terhadap adanya perubahan dari permintaan pasar. Proses pengiriman pun sudah bisa dilaksanakan secara fleksibel karena akan memungkinkan pelanggan menentukan jasa pengiriman sesuai keinginannya.

 

Dengan adanya perubahan digital pada proses supply chain ini para pelanggan pun dalam menentukan dan mengalihkan rute pengiriman hingga sampai ke tujuan dengan lebih nyaman. Sehingga prosesnya pun akan jauh lebih fleksibel dengan bantuan sistem-sistem mumpuni di era modern seperti sekarang ini.

 

Pengiriman Lebih Kecil

Permintaan pelanggan yang semakin meningkat tentu saja akan membuat produk individual pun menjadi meningkat juga. Hal ini tentunya akan membuat pengiriman menjadi berubah, karena pengiriman yang besar menjadi kecil atau dalam bentuk paket kecil. Dengan transformasi digital dapat menggunakan konsep transportasi baru.

 

Salah satu contoh dari penggunaan konsep transportasi baru adalah pengiriman drone untuk mengirim paket tunggal yang memiliki nilai tinggi. Hal ini tentu saja dapat membantu perusahaan dalam mengelola jarak tempuh tertentu secara efisien dengan keamanan yang terjaga.

 

Efisien

Efisiensi yang terjadi dalam supply chain tentu saja akan terdorong maju oleh otomasi yang ada pada tugas fisik ataupun perencanaan. Contohnya adalah penggunaan robot dalam proses pengelolaan gudang akan membuat aktivitas menjadi lebih efisien saat dilakukan. Penggunaan truk otonom tanpa driver juga kini juga sudah banyak digunakan.

 

Selain itu optimasi transportasi perusahaan dengan menggunakan metode sharing capacity atau metode sharing assets juga dapat membuat prosesnya akan semakin efisien dan cepat untuk dilakukan.

 

Transformasi digital akan mengubah konteks pasar hampir pada semua sektor bisnis. Beberapa aspek penting yang kini dapat mengubah konteks pasar diantaranya adalah perilaku konsumen, inovasi produk, rekonfigurasi produk yang sudah ada, model operasi bisnis dan juga berkembangnya alih daya (outsourcing).

 

Digitalisasi supply chain pada suatu perusahaan juga bertujuan untuk memenuhi keinginan para pelanggan. Penggunaan sistem-sistem komputerisasi saat ini tentunya akan membuat tantangan dari segi pasokan pun menjadi lebih efisien untuk dilakukan. Proses digitalisasi tentu akan membawa supply chain menjadi cepat dan fleksibel dengan proses pengiriman yang kecil, akurat, dan juga efisien.