Mengenal Software Akuntansi Berbasis Cloud Untuk Bisnis UKM

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Memilih accounting software yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan memang tidak mudah. Selain itu banyak perusahaan yang mengungkapkan bahwa memilih accounting software ini menjadi sebuah tantangan tersendiri. Anda yang akan memilih software khusus akuntansi ini harus ekstra hati-hati dalam memilih karena keuangan perusahaan adalah sesuatu hal yang penting dan juga krusial. Salah dalam memilih hanya akan membuat software tersebut tidak bisa berjalan seperti yang diharapkan. 


Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa perhitungan akuntansi pada perusahan ini sangat kompleks, membutuhkan keakuratan tinggi, selain itu prosesnya juga harus tepat dan efisien sehingga cara manual saja tidak cukup untuk menanganinya. Dibutuhkan accounting software yang bisa digunakan untuk mengantisipasi bahkan mencegah terjadinya human error agar informasi keuangan tersebut real time dan bisa digunakan untuk pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. 


Mengapa Software Akuntansi Dibutuhkan?

Ada beberapa alasan mengapa software akuntansi ini dibutuhkan. Alasan pertama adalah proses perhitungan akuntansi ini lama dan banyak memakan waktu. Tidak hanya itu saja, sering terjadinya human error dan juga laporan keuangan yang tidak sesuai standar perusahaan membuat Anda membutuhkan software ini. 

Hal lainnya yang menjadi alasan mengapa perusahaan Anda membutuhkan software satu ini adalah perhitungan pajak masih dilakukan secara manual, perusahaan kesulitan dalam menghitung asset yang dimiliki perusahaan dan sulit dalam mengelolanya, sulit dalam memonitor saldo pelanggan, sulit dalam melakukan audit data yang sudah berhasil dimasukkan, dan lain sebagainya. Jika perusahaan Anda mengalami salah satu atau hampir semua kesulitan-kesulitan tersebut maka sudah seharusnya mengaplikasikan software ini ke perusahaan Anda. 


Accounting Software Online

Accounting software yang saat ini banyak digunakan adalah online basis Cloud. Software dengan jenis ini menawarkan berbagai macam keuntungan dibandingkan basis desktop atau on-premise software.  Meski begitu tidak semua bisnis bisa menggunakan software accounting online berbasis cloud ini. Bisnis ritel membutuhkan kecepatan dan tidak bisa selalu terhubung ke internet. Bagi bisnis ritel, software yang bisa mempercepat performa bisnisnya adalah POS atau point of Sales.


Keuntungan Software Akuntansi Berbasis Cloud

Akan ada beberapa keuntungan yang bisa perusahaan Anda dapatkan dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud ini. Keuntungan pertama yang dirasakan adalah tidak harus menggunakan instalasi karena memang sistem tidak berbasis desktop. Keuntungan lainnya adalah Anda tidak perlu khawatir dengan adanya update sistem karena semua pembaruan dilakukan secara otomatis. Keuntungan lainnya adalah software berbasis cloud ini menawarkan fleksibilitas yang tinggi dimana bisa di akses kapan pun dan di manapun selama perangkat itu terhubung dengan jaringan internet.


Fitur yang Harus Ada

Accounting software berbasis desktop maupun berbasis cloud tetap harus memiliki berbagai macam fitur wajib seperti membuat faktur yang mana tampilan dan temanya bisa disesuaikan. Software akuntansi ini juga harus bisa melakukan pelacakan pengeluaran sesuai dengan kategori, fitur untuk bisa mengelola inventaris yang dimiliki perusahaan, mengecek pergerakan stok keluar masuk dan overhead. 

Software yang Anda pilih harus memiliki fitur untuk membuat dan mengelola pajak, merekam entri jurnal voucher, mengelola daftar pelanggan dan juga daftar vendor perusahaan, melihat hutang dan piutang, membuat laporan laba dan rugi maupun laporan keuangan lainnya, yang terakhir adalah melihat neraca.  Karena tuntutan bisnis semakin kompleks maka tidak ada salahnya jika Anda juga memilih yang dilengkapi dengan fitur transaksi multi uang, kontrol akses untuk masing-masing anggota tim, dan yang terakhir adalah mengelompokkan transaksi berdasarkan proyek.


Pastikan Anda memilih accounting software terbaik yang sesuai dengan kebutuhan keuangan perusahaan Anda, dan jangan lupa untuk memilih vendor yang full suport sehingga Anda bisa mengaplikasikan software tersebut dengan nyaman dan lancar.