PELUANG BISNIS DIMASA PANDEMI

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Adakah peluang bisnis di masa pandemi dan tips memulainya? Tentu ada!

 

Pandemi COVID-19 menjadi ujian bagi masyarakat, baik dari segi kesehatan maupun ekonomi. Gara-gara pandemi, banyak perusahaan merumahkan karyawannya, karena kewajiban melakukan physical distancing sesuai anjuran pemerintah. Selain itu, dari sudut pandang pengusaha, pandemi membuat kesempatan berjualan menurun karena adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

 

Apakah Anda salah satu orang yang pendapatannya terdampak COVID-19? Tidak perlu sedih lagi, di bawah ini ada beberapa peluang bisnis di masa pandemi untuk Anda coba.

 

Meskipun banyak usaha merugi sebagai dampak pandemi, tapi terdapat peluang bisnis bermunculan karena pandemi. Berikut merupakan ide bisnis di masa pandemi yang bisa Anda lakukan dengan potensi profit tinggi.

 

Membuka Lapak Online di Marketplace

Pandemi COVID-19 memaksa seluruh aktivitas dilakukan secara daring. Begitu pula kegiatan jual beli beralih via online. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka lapak online di marketplace. Berjualan online adalah peluang bisnis di masa pandemi yang bisa Anda lakukan hanya dari rumah. Bermodal foto-foto produk kemudian dipasarkan melalui marketplace, Anda sudah bisa memulai usaha online.

 

Potensi profit bisnis online melalui marketplace terbilang tinggi, lho! Akibat pandemi COVID-19 mengakibatkan seluruh masyarakat meminimalisir interaksi dan aktivitas di luar rumah. Sehingga banyak orang memilih membeli produk melalui marketplace tanpa harus datang ke toko offline.

 

Menjadi Dropshipper/Reseller

Bingung berjualan produk saat memulai bisnis di masa pandemi? Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller terlebih dahulu. Dropshipper adalah pelaku usaha yang menjual produk tanpa melakukan persediaan stok terlebih dahulu. Sedangkan reseller merupakan orang yang berjualan dengan menyediakan produk terlebih dahulu.

 

Dropshipper dan reseller sangat populer masa kini. Karena Anda bisa memulai bisnis hanya dari rumah dengan modal minim bahkan tanpa modal. Hanya bermodalkan foto-foto produk dari supplier, kemudian Anda promosikan melalui sosial media. Apalagi Anda tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu ketika menjadi dropshipper. Tetap di rumah, namun cuan mengalir deras.

 

Berjualan Makanan Secara Online

Bisnis makanan merupakan usaha yang tidak pernah mati bahkan saat krisis ekonomi melanda. Apalagi masyarakat memerlukan banyak pasokan makanan dan minuman sehat di kondisi serba sulit saat ini. Berjualan makanan sehat secara online dapat Anda jadikan ide bisnis di masa pandemi yang menjanjikan. Promosikan melalui sosial media atau layanan delivery makanan. Dijamin bakal untung berlipat.

 

Menjadi Kreator Konten Youtube

Banyak menghabiskan waktu di rumah membuat masyarakat merasa bosan. Sehingga orang-orang mencari kesibukan lain dari rumah untuk menjaga pikiran tetap waras. Salah satunya yaitu menjadi kreator Youtube.

 

Profesi kreator konten sedang marak digandrungi saat ini. Anda bisa memulai menjadi kreator konten Youtube untuk menghasilkan passive income dan mengusir jenuh. Bahkan video aktivitas sehari-hari Anda di dalam rumah berpeluang menghasilkan untung. Dari Google Adsense, seorang kreator konten Youtube akan dibayar tiap kali seseorang menonton iklan di videonya. Hal ini merupakan peluang bisnis di masa pandemi yang tak boleh Anda lewatkan.

 

Membuka Kelas Private

Kegiatan pendidikan dipaksa dilakukan dari rumah sejak pandemi. Kondisi demikian membuat para pelajar kurang maksimal dalam mendapatkan materi pembelajaran. Bila Anda memiliki kapasitas dan kemampuan untuk mengajar, cobalah membuka kelas private sebagai ide bisnis di masa pandemi. Tutor les diperlukan banyak siswa untuk membantu mereka menguasai dan memahami pelajaran. Anda bisa memasarkannya melalui tetangga, sosial media, hingga platform tutor online.

 

Bisnis Pesan Antar Suplai Makanan

Para penderita COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri di dalam rumah tidak dapat keluar rumah, padahal mereka membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Kondisi tersebut dapat Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan. Mendirikan bisnis pesan antar suplai makanan merupakan ide bisnis di masa pandemi yang menjanjikan. Sehingga kebutuhan makanan pelaku isoman tetap terpenuhi tanpa keluar dari rumah. Namun Anda juga harus hati-hati saat berinteraksi dengan para penderita. Jangan lupa gunakan prokes dan physical distancing saat mengantar makanan.