PENTINGNYA DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN BISNIS DI MAS PANDEMI SAAT INI

Pandemi COVID yang mewabah di seluruh dunia ini menjadi hal yang ditakuti oleh banyak orang, termasuk para pengusaha. Sejak pandemi, banyak sekali bisnis yang tidak bisa bertahan dan mengalami kerugian yang sangat besar, bahkan hingga jatuh bangkrut karena menurunnya daya beli konsumen. Karena itu, semua pengusaha berlomba-lomba mencari cara untuk mempertahankan bisnisnya melalui beradaptasi di kondisi pandemi ini. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan transformasi digital.

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

Transformasi digital merupakan proses dan strategi penerapan teknologi dalam aktivitas operasional bisnis yang mengubah cara bisnis dalam beroperasi dan melayani pelanggan, baik terkait pemasaran sampai produksi. Dengan transformasi digital, bisnis dapat bertahan dalam persaingan melawan para kompetitor. Contohnya adalah Gojek dan Grab yang menerapkan transformasi digital dengan membuat aplikasi online yang memudahkan masyarakat untuk memesan ojek, taksi, makanan dan minuman, hingga kebutuhan sehari-hari. Sehingga dapat mengurangi aktivitas di luar rumah.

Karena itu, transformasi digital sangat penting bagi para pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya di masa pandemi.

·         Alasan pertama adalah karena perubahan yang tidak dapat dihindari. Apabila perusahaan tidak bisa menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan teknologi, maka perusahaan akan kalah unggul dibandingkan dengan perusahaan yang bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

·         Kedua, bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Jika sebelumnya pemasaran dan penjualan produk dilakukan secara offline, sekarang perusahaan bisa memasarkan dan menjual produknya melalui berbagai media online yaitu media sosial dan website. Dengan media online, pemasaran akan lebih efektif karena perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, serta akan lebih efisien dalam hal waktu operasional dan biaya yang dikeluarkan.

·         Ketiga, dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Teknologi yang canggih seperti media sosial membuat konsumen bisa membeli sesuatu dengan lebih mudah, dan mendapatkan respons dengan lebih cepat dari perusahaan ketika ingin bertanya maupun mengajukan komplain. Hal ini akan menambah kredibilitas bisnis sehingga kepuasan dan loyalitas konsumen pun meningkat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa transformasi digital perlu diterapkan oleh para pengusaha untuk keberlanjutan dan perkembangan bisnisnya. Sehingga di masa pandemi ini bisnis tetap bisa menghasilkan profit.