Peran Penting Software Accounting Dalam Kehidupan Bisnis

 

Odoo image and text block

Sebuah Bagian Subtitle

 Dalam kelangsungan hidup sebuah perusahaan, akuntansi berperan untuk menyediakan berbagai informasi dan jawaban yang berhubungan dengan segala macam bentuk kegiatan keuangan. Sehingga akan memudahkan Anda sebagai pemilik perusahaan untuk mengukur kondisi keuangan. Selain peran penting tersebut, akuntansi juga memiliki enam peran penting lainnya, selengkapnya di bawah ini.

 

1.       Penginputan

Akuntansi akan memberikan input berupa transaksi seperti peristiwa ataupun kejadian yang dapat menimbulkan perubahan dana pada suatu perusahaan.

 

2.       Pemrosesan

Setelah penginputan, akuntansi akan melakukan proses pengelolaan data untuk memberikan hasil yang berkualitas. Umumnya proses berupa pencatatan jurnal serta pemindahbukuan.

 

3.       Pengoutputan

Setelah pemrosesan, maka akuntansi akan menyajikan informasi transaksi sesuai dengan kebutuhan para pengguna, sehingga bermanfaat dalam pengambilan keputusan untuk masa depan bisnis dapat ditentukan.

 

4.       Pengambilan keputusan untuk para investor

Pihak eksternal seperti investor tentu memiliki hak untuk mengetahui kondisi keuangan dari perusahaan yang mereka investasikan. Sehingga mereka dapat mengukur apakah perusahaan tersebut dapat memberikan timbal balik berupa keuntungan atau tidak. Jika perusahaan tersebut memiliki kondisi yang baik, maka bukan tidak mungkin investor akan lebih banyak menginvestasikan keuangannya.

 

5.       Pengendali keuangan

Melalui akuntansi, Anda bisa memperkirakan apakah perusahaan yang didirikan sudah memiliki peningkatan keuangan atau belum. Apabila keuntungan yang didapat belum maksimal, maka akuntansi dapat ditempatkan sebagai alat pengendali keuangan. Sehingga Anda dapat melakukan evaluasi dari performa bisnis selama ini.

 

6.       Informasi alokasi sumber daya

Setiap perusahaan tentunya memerlukan informasi mengenai alokasi sumber daya yang sudah digunakan selama ini. Informasi tersebut bisa didapatkan dari akuntansi. Dengan pembaharuan yang dilakukan secara rutin, maka perusahaan bisa menetapkan kebijakan pajak dan dasar penyusunan pendapatannya.